Tarif Air PDAM Danum Taka Resmi Naik Mulai September, Segini Besarannya…

Kamis 30-07-2020,21:50 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Pada kesempatan ini, Rasyid juga menjelaskan beberapa program PDAM Danum Taka. Diantaranya ialah, pengoperasikan water treatment plant (WTP) baru. Kapasitasnya 200 liter per detik. "Sudah efektif mulai 1 April sampai dengan saat ini," ucapnya.

Sehingga saat ini kekuatan PDAM Danum Taka di PPU memiliki 360 liter per detik. Terdiri dari 5 unit pengolahan.

Kemudian pelaksanaan program bupati PPU, program hibah air minum perkotaan. Yakni 10.000 sambungan rumah (SR) gratis. Tahun ini masuk tahap pertama.

Target tahun ini 2.100 sambungan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) gratis. Per hari ini sudah tercapai 1.783 sambungan. Progresnya tinggal instalasi water meter. Terdiri dari wilayah Maridan 275 calon penerima, Sotek 23, Waru 257, sepaku 543 dan Lawe Lawe 685 calon penerima manfaat.

Jadi masih ada kuota 317 yang oleh PDAM tidak dipenuhi/ditindaklanjuti. "Karena adanya pergeseran anggaran PDAM ke penanganan COVID-19," jelasnya.

Tapi dari sisi kuota yang diinstruksikan oleh bupati itu, tetap tercapai. Terpenuhi dari program reguler yang melebihi kuota. Sekira 400. "Jadi ada 2.100 lebih. Tetap terpenuhi," lanjutnya.

Lalu untuk tahap keduanya, akan dimulai tahun 2021. Pemkab PPU juga telah menerima surat dari KemenPUPR tentang program hibah air minum perkotaan. Sudah ditandatangani Bupati untuk persetujuan ikut serta.

Total kuota yang diterima ialah 2.500 SR. Terdiri dari calon penerima manfaat di 4 kecamatan. Adapun hingga saat ini eksisting PDAM Danum Taka baru melingkupi 3 kecamatan. Tanpa Babulu.

"Untuk tahun 2021 kita sudah mengikut sertakan Babulu. Dengan prioritas di Babulu Darat, Babulu Laut dan Gunung Intan. Sebanyak 1000 sambungan," ucap Rasyid.

Selanjutnya, tahun ini juga akan ada kegiatan terkait dengan penanganan dan perencanaan WTP Babulu. Letaknya di atas bendungan Babulu Darat. Progresnya mulai berjalan. Tinggal menunggu rekomendasi teknis dari BWS III Kaltim. Yang dalam waktu dekat akan terbit.

Lalu, awal Agustus akan mulai dioperasikan satu WTP pedesaan dengan kapasitas 225 SR. Yang saat ini tinggal proses pemasangan listrik.

"Sebelumnya telah dilakukan commisioning test menggunakan genset. Jadi tinggal menunggu itu saja," kata Rasyid.

Sejalan dengan itu, masih ada pembangunan kantor unit Babulu. Serah terima Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Babulu Darat. (rsy/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait