Ghufron-Ida Setorkan Dukungan Perbaikan Dua Kali Lipat

Selasa 28-07-2020,12:09 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Tim pasangan Ghufron-Ida mengumpulkan berkas dukungan perbaikan sebelum diserahkan ke KPU Kukar. (Rafi'i/Nomorsatukaltim)

Kukar, Nomorsatukaltim.com - Hari terakhir penyerahan syarat dukungan perbaikan. Bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Ghufron Yusuf-Ida Prahastuty (Ghufda) menyerahkan 45.042 dukungan. Berasal dari 10 kecamatan dan 108 desa di Kukar.

Jumlah ini melebihi yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar. Yakni 40.438, dua kali lipat kekurangan jumlah syarat minimal dukungan. Karena berdasarkan hasil verifikasi faktual (verfak). Pasangan ini hanya memenuhi 21.054 dukungan saja. Dari syarat minimal 41.273 dukungan.

"Ketika diputuskan, malamnya langsung bekerja, tim langsung bergerak ke seluruh kecamatan," ujar Ghufron Yusuf, Senin (27/7).

Untuk memenuhi kekurangan. Tiga kecamatan yang sebelumnya tidak masuk dalam pengumpulan dukungan, kini dimasukkan. Seperti Kecamatan Tabang, Kenohan dan Muara Wis.

Waktu tiga hari yang dijadwalkan memang terbilang singkat. Untuk mengumpulkan puluhan ribu dukungan. Namun pasangan ini sudah sejak jauh-jauh hari menyiapkan kekurangan ini. Ghufron mengklaim jika dikumpulkan seluruhnya, jumlah dukungan mencapai 80 ribu lebih.

"Jadi ada yang kita cadangkan, bisa kita manfaatkan tinggal menambahkan kekurangannya," lanjut Ghufron, lagi.

Sementara itu, Ida Prahastuty juga menanggapi singkatnya waktu perbaikan. Namun hal tersebut tidak menjadi kendala. Karena proses sebelumnya telah diantisipasi. Terlebih adanya pencadangan dukungan yang dilakukan timnya.

Menanggapi terkait banyaknya berkas dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Diakuinya ada faktor yang menyebabkan hal tersebut. Seperti kurang siapnya tim dan kurang maksimalnya koordinasi di lapangan.

"Mudahan kedepan semua akan terkondisikan dengan baik, sehingg tidak ada kendala lagi untuk lolos," ucap wanita berkacamata tersebut. (mrf/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait