KHE Paling Siap

Jumat 24-07-2020,14:12 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

GUBERNUR Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat mengikuti rakor jarak jauh pembahasan PLTA, Kamis (23/7) sore.

Tarakan,Disway – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menunjukkan keseriusannya membangun provinsi ke-34 ini, lewat pengembangan investasi.

Kamis (23/7) sore, misalnya. Gubernur mengikuti rapat koordinasi jarak jauh pembahasan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) untuk Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Kaltara, yang difasilitasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di ruang pertemuan VVIP Bandara Juwata Tarakan.

“Kita sudah berkali-kali rapat membahas percepatan pembangunan PLTA.

Namun, dalam realisasinya belum ada percepatan yang terealisasi. Pun demikian, Pemprov Kaltara dengan kewenangan terbatas berupaya melakukan percepatannya. Bahkan saya juga sempat melaporkan progres pembangunan PLTA di Kaltara kepada Presiden Joko Widodo pada saat rapat antara gubernur se-Indonesia, belum lama ini,” kata Gubernur.

Sampai sejauh ini, menurut Irianto, dari 5 investor PLTA di Kaltara, PT Kayan Hidro Energi (KHE) yang berencana membangun PLTA Kayan adalah yang paling siap.

“Hingga saat ini, KHE hanya tinggal 2 izin lagi untuk dimiliki. Yakni, pembaharuan izin penggunaan lahan kawasan hutan (sudah di meja kepala BKPM RI) dan izin dari balai bendungan, yaitu izin konstruksi bendungan dan sertifikat keamanan bendungan,” ucap Irianto.

Untuk membangun PLTA Kayan sendiri, PT KHE tengah dalam persiapan pra konstruksi tanpa kegiatan berskala besar. “Mereka sudah mengucurkan sekitar Rp 2 triliun untuk mengurusi percepatan realisasi proyek ini. Jadi, mereka benar-benar serius,” ungkap Gubernur.

Tags :
Kategori :

Terkait