Kapolda Kaltim Minta Polres Kubar Bersinergi dengan Semua Stakeholder

Kamis 23-07-2020,19:15 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Kapolda Kaltim Irjen Polisi Muktiono, didampingi Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, Bupati Kubar FX Yapan, Wabup H Edyanto Arkan, Dandim 0912/KBR Letko Inf Anang Sofyan Effendi, usai rakor bersama Forkopimda di Lantai II Mapolres di Sendawar, Kamis 23 Juli 2020.(imy/nomorsatukaltim.com)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Sehari berada di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturahmi, Kapolda Provinsi Kalimantan Timur, Irjen Polisi Muktiono, juga singgah di Markas Polres Kabupaten Kutai Barat (Kubar) di Sendawar, Kamis (23/7/2020).

Di Mapolres Kubar, Kapolda menyampaikan sejumlah masukan dan harapan berkaitan dengan antisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Hal itu disampaikannya di hadapan Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra serta Wakapolres Kompol Sukarman. Hadir Pula Bupati Kubar FX Yapan SH dan Wabup Kubar H Edyanto Arkan SE, Ketua DPRD Kubar Ridwai SH, Dandim 0912/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, serta sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kubar.

“Saya mengapresiasi Kapolres Kubar beserta Dandim 0912/KBR dan jajaran. Juga seluruh unsur Forkopimda Kubar yang hadir saat ini,” tutur Irjen Polisi Muktiono dalam rapat koordinasi bersama itu di Lantai II Mapolres di Sendawar.

Kapolda menekankan agar Polres Kubar menguatkan kerja sama dengan Kodim 0912/KBR. Serta seluruh jajaran forkopimda di Kubar dan Mahulu, dalam rangka menekan angka kejahatan dalam rangka mengantisipasi kamtibmas.

“Di antaranya personel Polri agar mampu mencegah kejahatan siber dan kejahatan lainnya. Bersama membangun Kubar sehingga bisa terangkat ke nasional pembangunannya,” bebernya.

Dia juga berharap menjelang pelaksanaan pemilu kepala daerah di Kubar dan Mahulu, agar suasana aman dan kondusif dapat terjaga di tengah masyarakat. “Peran bersama Polri dan TNI serta seluruh pihak dan stakeholder, agar bersama menjaga kamtibmas,” pesannya.

Kapolda juga menyinggung terkait penambahan personel Polri di Polres Kubar. Untuk mem-back up Kabupaten Kubar dan Mahulu dalam mengantisipasi kamtibmas pada Pilkada mendatang. “Terkait hal itu jumlah personel Polri tambahan masih diperhitungkan menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Kubar FX Yapan sangat setuju penambahan personel Polri di Kubar. Bahkan rencana dibentuknya Kompi Brigade Mobil (Brimob) di Kubar oleh Polda Kaltim, sangat disetujui oleh Pemkab Kubar.

“Rencana untuk markas Brimob di Kubar sudah lama. Untuk sementara menggunakan eks kantor bupati Kubar di Melak. Perjanjian pinjam pakai sudah ditandatangani,” papar Bupati kepada wartawan usai rakor di Mapolres Kubar.

Bupati menyebut jika Kompi Brimob sudah ada di Kubar, maka akan sangat membantu mengantisipasi kamtibmas. Karena Kubar merupakan salah satu daerah penyangga ibu kota negara (IKN). “Apresiasi dan terima kasih kepada Kapolda Kaltim atas inisiatifnya. Kubar merupakan kabupaten yang berada di perbatasan negara,” tandasnya.

Senada disampaikan Ketua DPRD Kubar Ridwai SH. Sebagai wakil rakyat sangat mengapresiasi Kapolda Irjen Polisi Muktiono. Karena cepat tanggap dengan kondisi wilayah dalam mengantisipasi kamtibmas.

“Sangat bersyukur karena disetujui Pak Kapolda berdiri Kompi Brimob di Kubar. Hal itu sebagai modal menjaga kondusivitas kamtibmas. Keamanan masyarakat adalah modal utama pembangunan,” tandasnya. (imy/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait