Lele Ternak Polresta Balikpapan Dipanen, Dibagikan ke Masyarakat

Kamis 23-07-2020,14:42 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi didampingi ibu ibu bhayangkara saat memanen ikan lele. (ist)

--

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Upaya Polresta Balikpapan untuk membudidayakan lele demi menjaga ketahanan pangan di Kota Balikpapan tidak sia-sia. Ini dibuktikan saat Kapolresta Balikpapan bersama Ibu-ibu Bhayangkara memanen ikan lele dikolan semen milik Polresta Balikpapan, Rabu (22/7/2020).

Semua ikan jenis air tawar ini usai dipanen langsung diolah menjadi makanan siap saji dan segera didistribusikan gratis kepada warga yang membutuhkannya.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Ketua Bhayangkari cabang Balikpapan Tina Turmudi, Kabag Sumda Polresta Balikpapan Kompol Purnomo, Kasat Intelkam Polresta Balikpapan Kompol H Sarbini, serta sejumlah personel Polresta dan pengurus Bhayangkari lainnya.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengatakan, sedikitnya ada 3 ribu ekor lele yang berhasil dipanen hari ini. Semua ikan-ikan ini dibudidayakan secara mandiri oleh Polresta Balikpapan sejak pandemi COVID-19 merebak di Balikpapan. Dengan tujuan, kebutuhan warga yang terkena dampak pandemi bisa terbantukan.

“Alhamdulillah, hari ini kami melaksanakan panen raya ikan lele. Ribuan ikan ini kami budidayakan dengan sistem aquaponik (tumpang sari) dan kolam,” ujarnya, Rabu (22/7/2020).

Semua hasil panen ini kemudian dibawa ke dapur umum Mapolresta Balikpapan. Di sana ikan-ikan lele diolah bersama bahan pangan lainnya oleh peronel TNI-Polri, Bhayangkari dan relawan. Setelah menjadi makanan siap santap, hasil olahan akan disalurkan kepada warga kurang mampu secara cuma-cuma.

“Karena tujuan dari budidaya ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan Balikpapan di tengah bencana COVID-19,” jelas Kapolresta Balikpapan.

Perwira melati tiga di pundak itu memprediksi, 3 ribu ekor lele ini mampu mencukupi kebutuhan pangan sebanyak 3 ribu warga Balikpapan. Dengan catatan, setiap makanan siap saji berisi satu ekor lele.

Diperkirakannya, pendistribusian pangan ini akan berlangsung selama enam hari berturut-turut, terhitung sejak Rabu.

“Jadi setiap harinya ada 500 ekor lele yang akan kami masak di dapur umum kami,” tambahnya.

Kapolresta pun memastikan, kegiatan budidaya lele dan menyediakan kebutuhan pangan ini belum berhenti sampai di sini. Polresta masih akan terus menggelar kegiatan tersebut. Sehingga, kebutuhan pangan warga Balikpapan bisa terus terpenuhi, meski di tengah pandemi COVID-19. (Bom)

Tags :
Kategori :

Terkait