Operasi Patuh Mahakam 2020, Dorong Warga Adaptasi Kebiasaan Baru

Rabu 22-07-2020,19:52 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Kukar, Nomorsatukaltim.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara akan menggelar Operasi Patuh Mahakam 2020. Selama dua pekan ke depan. Yakni Kamis 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Operasi Patuh Mahakam 2020 lebih fokus kepada upaya-upaya untuk membuat masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan normal baru, dan patuh pada protokol kesehatan COVID-19.

Seperti menggunakan masker di saat berkendara di jalan raya. Serta menjaga jarak pada titik-titik tertentu. Seperti di lampu merah atau tempat parkir.

Kemudian mengimbau untuk selalu mencuci tangan dan memastikan sterilisasi barang-baeang yang digunakan saat berkendara. "Fokus kita kesana nanti," ujar Kasatlantas Polres Kutai Kartanegara AKP CS Gulo, Rabu (22/7/2020).

Sementara fokus penindakan hukum, diprioritaskan kepada pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menyebabkan adanya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Nantinya, Satlantas Polres Kutai Kartanegara akan menggandeng instansi terkait lainnya. Seperti Satpol PP Kutai Kartanegara, Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Kartanegara. Dan jika memungkinkan, turut menggandeng satuan TNI dalam Operasi Patuh Mahakam 2020.

Satlantas Polres Kutai Kartanegara akan terfokus di beberapa titik yang volume aktivitas lalu lalang kendaraan tinggi dan black spot. Seperti di sepanjang tepian Sungai Mahakam, Jalan Poros Tenggarong Seberang-Samarinda hingga jalur Kutai Kartanegara-Balikpapan. Dan jalur yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan yang tinggi. "Kita harapkan masyarakat kembali ke tertib lalu lintas" pungkas Gulo. (mrf/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait