Hadiri Peluncuran Kampung Tangguh, Alif Berharap Desa Lain Segera Menyusul

Sabtu 18-07-2020,10:51 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Kukar, Nomorsatukaltim.com - Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi menghadiri peresmian Kampung Tangguh Nusantara Beriman.

Program ini dicanangkan dan diwujudkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Dusun Tegal Anyar, Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kukar.

Turut hadir Wakapolres Kukar Kompol Bimo Aryanto, Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar, dan stakeholder terkait.

Alif mengapresiasi penetapan kampung tangguh di Dusun Tegal Anyar. Ia berharap dusun ini menjadi percontohan bagi dusun-dusun lainnya di Kukar secara khusus dan Kaltim secara umum.

“Semoga bisa jadi motivasi bagi desa lainnya,” ujar Alif kepada Nomor Satu Kaltim, Jumat (17/7/2020).

Alif menyebut, tiga pilar yang diharapkan mampu ditonjolkan di kampung tangguh ialah kesehatan, lumbung pangan, dan keamanan lingkungan.

Kata Alif, DPRD Kukar dan pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini.

“Terlebih saat ini Kukar sedang berjuang di tengah pandemi COVID-19,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakapolres Kukar Kompol Bimo Aryanto menyebut, Dusun Tegal Anyar merupakan dusun yang pertama yang menjadi kampung tangguh di Kukar. Sehingga dalam keadaan pandemi COVID-19 pun, perekonomian warga tetap mampu bertahan.

Bimo menjelaskan, setiap dusun maupun desa yang ditunjuk sebagai kampung tangguh harus memiliki balai kesehatan, ketahanan pangan, dan lumbung padi.

“Masyarakat yang sakit dan kekurangan bahan pokok sudah tersedia di sini secara mandiri,” ucap Bimo.

Ia berharap, desa-desa lain juga bisa menyusul seperti Dusun Tegal Anyar. Agar mampu mewujudkan kemandirian dalam segala hal. (adv/mrf/qn)

Tags :
Kategori :

Terkait