Penambahan Kasus Positif Corona di Kaltim Banyak dari OTG

Penambahan Kasus Positif Corona di Kaltim Banyak dari OTG

SAMARINDA, DiswayKaltim.com - Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19, dua hari terakhir terjadi sangat signifikan. Total 27 penambahan kasus. Semua kasus ini berasal dari kategori orang tanpa gejala (OTG).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Andi M Ishak menjelaskan, penambahan yang terjadi Jumat (26/6/2020) sebanyak 10 kasus. Sementara 17 sisanya terjadi sehari sebelumnya.

"Karena jumlah OTG yang berhasil di tracing jumlahnya sangat banyak. Tapi hari ini, dari 10 pasien yang terkonfirmasi positif, hanya dua yang bukan kategori OTG. Pasien ini dari kategori orang dalam pemantauan (ODP) yang naik statusnya. Dan dirawat di RSUD Harapan Insan Sendawar," kata Andi.

Dari data yang dipaparkan tim gugus tugas, dari 27 penambahan yang terjadi dua hari terakhir, 18 kasus terjadi di Balikpapan. Andi mengungkapkan, penambahan paling banyak dari Kota Minyak karena memang banyak kasus OTG yang di karantina di kota tersebut. Terutama di Rumah Sakit Pertamina.

Dari kurva yang juga dibeberkan tim gugus tugas, 41 persen penambahan kasus positif disumbangkan dari kategori OTG. Setelah itu barulah penambahan yang disumbangkan oleh pasien dalam pengawasan (PDP). Lalu ODP sebanyak 4 persen.

Sementara, untuk penambahan pasien yang dinyatakan sembuh pun masih terus bertambah. Jumat 926/6/2020) bertambah lima kasus. Sementara Kamis (25/6/2020), sebanyak 20 pasien dinyatakan sembuh. "Pasien sembuh ini pun paling banyak dari Balikpapan," ungkapnya.

Andi pun meminta kepada masyarakat Kaltim agar tetap melakukan protokol kesehatan. Karena, dalam masa relaksasi ini, masyarakat mulai membiasakan diri untuk hidup berdampingan dengan virus corona. (mic/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: