BLT untuk 28 Ribu Warga Terdampak Pandemi di Balikpapan

BLT untuk 28 Ribu Warga Terdampak Pandemi di Balikpapan

Purnomo. (Ryan/Disway)

Balikpapan, diswaykaltim.com – Dinas Sosial (Dinsos) Balikpapan menyiapkan pencairan bantuan langsung tunai (BLT) dari APBD Kaltim.

Kepala Dinsos Balikpapan Purnomo menyebut, BLT akan disalurkan untuk 28 ribu warga terdampak. "Dalam waktu satu-dua hari kami siapkan undangan pencairan," ujar Purnomo, Selasa (16/6).

Sebelumnya, pencairan BLT dilakukan melalui Bankaltimtara. Kegiatan itu dipusatkan di Balikpapan Sports and Convention Center (BSCC) Dome, Jalan Ruhui Rahayu, Jumat (19/6).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut, 28 ribu penerima BLT juga meng-cover penerima bansos Pemkot Balikpapan. Karena adanya kebijakan penerima bansos tidak boleh ganda. Maka BLT itu akan dialihkan. Untuk mereka yang belum mendapatkan bansos lanjutan. Dari pemkot, atau bantuan dalam tahap dua dan tahap ketiga. "BLT ini untuk tiga kecamatan yang belum ter-cover," ujarnya.

Tiga kecamatan yang belum ter-cover adalah Kecamatan Balikpapan Kota, Selatan dan Timur. BLT berupa uang tunai Rp 250 ribu per bulan. Dibayarkan sekaligus tiga bulan. Dengan total Rp 750 ribu per orang atau per kepala keluarga.

Dengan peralihan ini, maka pemkot menghemat sekitar 30 ribu bansos. Dari jumlah total keseluruhan yakni 70 ribu penerima. Rencananya, pemkot menyalurkan bantuan itu, untuk warga yang tidak terdaftar dalam kuota 70 ribu KK penerima bansos tersebut.

Rizal mengaku belum menerima update terkait bantuan dari kementerian sosial berupa dana tunai. Yang disalurkan melalui rekening BNI dan BRI. "Jumlahnya sekitar 2.500 penerima. Itu ada rencana program sampai akhir tahun. Kami belum dapat petunjuk teknis," urainya.

Bantuan serupa yang disalurkan melalui Kantor Pos, sudah memasuki tahap kedua. "Kalau bantuan yang melalui Kantor Pos jumlahnya lebih dari 10 ribu penerima," ungkapnya. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: