Tiga Kelompok Rentan Terjangkit COVID-19, Bisa Berakibat Fatal

Tiga Kelompok Rentan Terjangkit COVID-19, Bisa Berakibat Fatal

Bontang, DiswayKaltim.com -- Dinas Kesehatan Kota Bontang telah memetakan kelompok rentan tertular virus COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Bontang Bahauddin mengatakan, ada 3 kelompok yang masuk dalam kelompok riskan terjangkit virus Sars-Cov-2 ini.

Mereka antara lain para lansia, warga dengan penyakit penyerta atau tidak menular kemudian golongan anak-anak.

Khusus untuk Lansia. Mereka yang masuk kelompok umur di atas 60 tahun jumlahnya cukup besar.

Dari data Dinas Kesehatan jumlah lansia sebanyak 8 ribu orang lebih. Dari jumlah itu, 7 ribu di antaranya berusia 60-70 tahun. Sedangkan, kelompok usia di atas 70 tahun sebanyak 1.000an orang.

"Yah, memang kelompok ini masuk kategori rentan, tapi tak hanya lansia saja. Kelompok dewasa juga bisa terjangkit," ungkap Bahauddin.

Lebih lanjut, kelompok usia dewasa berkisar 45 tahun ke atas. Mereka yang memiliki penyakit penyerta berpotensi tertular virus corona.

Kondisi pasien COVID-19 yang memiliki sakit penyerta bisa berimbas fatal. Para kelompok usia ini jumlahnya pun tak sedikit. "Nah ini juga rawan, karena virus bisa memperparah kondisi pasien," ungkapnya.

Penerapan konsep penormalan baru ini bukan berarti kembali pada kebiasaan sebelumnya. Sikap waspada dan antisipasi harus menjadi kesadaran semua individu. Prilaku masyarakat harus menyesuaikan protokol kesehatan. (wal/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: