Perkuat Peran sebagai Walidata, Diskominfo PPU Inginkan SKPD Saling Support Data

 Perkuat Peran sebagai Walidata, Diskominfo PPU Inginkan SKPD Saling Support Data

Sosialisasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di Aula Lantai 3 Kantor Bupati PPU. -(Disway Kaltim/ Awal)-

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Data statistik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Badan Pusat Statistik (BPS), merupakan acuan atau landasan untuk menyusun program kegiatan di suatu daerah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Khairuddin mengatakan, data memiliki peranan sangat penting untuk mendukung kemajuan Benuo Taka, nama lain PPU.

Guna memperkuat peran sebagai walidata, Diskominfo melaksanakan Sosialiasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). 

Pelaksanaan sosialisasi itu diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Pusat Statistik (BPS).

BACA JUGA: Ketua DPRD Paser Ajak Santri Kontribusi di Berbagai Bidang

"(Melalui) Sosialisasi dan EPSS yang dilaksanakan, (diharapkan) bagaimana satu data, khususnya PPU, perangkat kerja daerah dapat men-support data yang kami butuhkan," kata Khairuddin, ditemui usai pelaksanaan.

Ia mengutip pernyataan Penjabat (Pj) Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin, bahwa data dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) mempunyai peranan untuk mendorong pembangunan, dalam arti luas di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Sehingga dapat memberikan data-data yang kami butuhkan saat melakukan evaluasi," terangnya.

Khairuddin menambahkan, bahwa data dari masing-masing SKPD bakal menjadi bahan evaluasi rutin setiap bulan. 

BACA JUGA: Indeks Pembangunan Statistik 2024 Meningkat, Pemkab PPU Raih Predikat Baik

Hal itu berkaca dari capaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten PPU pada 2023 lalu, hanya meraih nilai 1,32. Namun kini di tahun 2024 sudah mengalami peningkatan. 

IPS Kabupaten PPU meraih nilai 2,7 dengan predikat "baik". Bahkan bertengger di urutan 88 nasional dan nomor 1 di Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan capaian IPS 2024, Khairuddin mengaku bangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: