Jelang Tahun Politik, Pemkab Berau Ajak Ormas Jaga Kondusivitas dan Kerukunan

Jelang Tahun Politik, Pemkab Berau Ajak Ormas Jaga Kondusivitas dan Kerukunan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau, Muhammad Said, mengingatkan pentingnya menjaga keharmonisan sosial di tengah perbedaan pilihan politik. -Rizal Malhodtra-nomorsatukaltim.disway.id

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Memasuki tahun politik, potensi gesekan dan konflik di masyarakat meningkat. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau, Muhammad Said, mengingatkan pentingnya menjaga keharmonisan sosial di tengah perbedaan pilihan politik.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya menciptakan suasana kondusif di seluruh wilayahnya.

“Kita perlu menciptakan suasana rukun dan damai di masyarakat serta mencegah segala potensi konflik,” kata Said, Jumat (11/10/2024).

Ia menekankan pentingnya peran organisasi masyarakat (ormas) dalam menjaga stabilitas sosial, terutama menjelang Pilkada.

Said menilai, ormas bukan hanya menghimpun kepentingan anggota, tapi juga berperan aktif menjaga ketertiban sosial. "Salah satu fungsi utama ormas adalah menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA: Pemkab Berau Tingkatkan Budaya Membaca Melalui Program TPBIS (disway.id)

Pemerintah, lanjut Said, harus memperluas partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dengan memberikan bimbingan untuk menciptakan iklim politik yang sehat. Kelompok masyarakat, terutama ormas, diharapkan menjadi mitra pemerintah yang efektif.

“Pembinaan ormas penting agar mereka paham akan tugas dan fungsinya,” tambahnya. Dengan banyaknya ormas di Berau, penanaman kesadaran kolektif sesuai dengan prinsip Demokrasi Pancasila menjadi sangat krusial untuk menjaga stabilitas politik.

Said juga mengingatkan potensi konflik yang bisa muncul selama Pilkada, seperti politik SARA, hoaks, dan ujaran kebencian. Ia berharap para pimpinan ormas bisa mengarahkan anggotanya untuk menghindari konflik dan menggunakan media sosial dengan bijak.

BACA JUGA: Sufian Minta KPU Berau Antisipasi Jika Terjadi Hujan Saat Pemungutan Suara (disway.id)

Selain itu, Said mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas, memilih berdasarkan visi-misi, bukan uang. “Gunakan hak politik sebaik mungkin, tapi jangan sampai merusak persatuan kita,” ujarnya.

Ia juga mendorong Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk terus memberikan pembinaan kepada ormas dan masyarakat, agar kehidupan berbangsa di Berau berjalan dengan baik.

Mengakhiri pesannya, Said berpesan agar masyarakat dan ormas bersikap bijak dalam menghadapi perbedaan. "Jangan lihat perbedaan, tapi fokuslah pada kesamaan kita, yaitu membangun Berau yang maju dan sejahtera," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: