Jokowi Masih Optimistis, Indonesia Bakal Jadi 3 Besar Kekuatan Ekonomi Asia

Jokowi Masih Optimistis, Indonesia Bakal Jadi 3 Besar Kekuatan Ekonomi Asia

Presiden Jokowi optimis, Indonesia bakal menjadi kekuatan ekonomi baru di kawasan Asia.-(Foto/ BPMI Setpres)-

Ia juga menyebutkan bahwa gross domestic product (GDP) per kapita Indonesia saat ini telah mencapai angka 5.060, yang merupakan capaian penting menuju transformasi ekonomi Indonesia menjadi negara maju.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, serta Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

BACA JUGA: 8 Kali Ground Breaking, Nilai Investasi di IKN Tembus Rp58,41 Triliun

BACA JUGA: 4 Pejabat Kalsel Ditangkap KPK melalui OTT, Uang Rp10 Miliar Disita sebagai Barang Bukti

Sebelumnya, Bank Dunia (World Bank) memperkirakan Indonesia akan mencatat pertumbuhan ekonomi tertinggi di kawasan Asia Timur dan Pasifik pada tahun 2024 dan 2025. 

Dalam laporan "World Bank East Asia and The Pacific Economic Update" edisi Oktober 2024, Bank Dunia menyebutkan Indonesia akan tumbuh pada atau di atas tingkat sebelum pandemi COVID-19. 

Sedangkan negara-negara besar lainnya di kawasan Asia Timur dan Pasifik diproyeksikan tumbuh di bawah tingkat pra-pandemi. 

“Di antara negara-negara besar, hanya Indonesia yang diperkirakan tumbuh pada 2024 dan 2025 pada atau di atas tingkat sebelum pandemi," kata Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik, Aaditya Mattoo, dikutip dari Antara, Rabu (9/10/2024).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: