Kebakaran Lahan Hanguskan Kebun Kelapa di Balikpapan

Kebakaran Lahan Hanguskan Kebun Kelapa di Balikpapan

Kebakaran lahan di kawasan RT 44 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, pada Senin (16/9/2024). -Humas Polresta Balikpapan-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Peristiwa kebakaran lahan terjadi di Kelurahan Sepinggan, RT 44, areal Bendali V, Kecamatan Balikpapan Selatan, pada Senin (16/9/2024).

Kebakaran di lahan tersebut langsung direspons Polsek Balikpapan Selatan, yang menurunkan Unit Piket Mako untuk menangani situasi.

Laporan ini pun diterima dari masyarakat setempat yang menyaksikan api mulai membesar di kawasan kebun kelapa yang berada di areal tersebut.

Kapolsek Balikpapan Selatan, AKP Abu Sangit mengonfirmasi bahwa lahan yang terbakar merupakan kebun kelapa yang rencananya akan dibersihkan oleh pemiliknya.

BACA JUGA:Polresta Balikpapan Kerahkan 211 Personil Amankan Pertandingan PSM Makassar-Arema FC

BACA JUGA:Cegah Hoax dan Isu SARA dalam Pilkada 2024, KPU Balikpapan Tegaskan Pentingnya Peran Media

Sebelum kebakaran terjadi, lahan tersebut sudah dirintis dari tanaman gulma, yang kemudian mengering karena cuaca panas yang berkepanjangan. Untuk membersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman kering dan gulma, pemilik lahan melakukan pembakaran.

"Sebelumnya, lahan tersebut sudah dirintis dari tanaman gulma. Ketika mengering, pemilik lahan melakukan pembakaran untuk membersihkan rumput dan gulma kering," jelas AKP Abu Sangit, pada Senin (16/9/2024) sore.

Namun, karena cuaca yang sangat panas diiringi angin kencang, api tidak dapat dikendalikan dan dengan cepat menjalar ke seluruh bagian lahan.

Melihat kondisi ini, lanjut AKP Abu Sangit, Polsek Balikpapan Selatan bersama dengan warga setempat segera bertindak untuk memadamkan api. Dengan peralatan seadanya, mereka pun bahu-membahu memadamkan api.

BACA JUGA:Dokter Diduga Lecehkan Pasien di Balikpapan, Polisi Belum Tetapkan Status Tersangka

"Personel kami bersama warga langsung bergerak untuk memadamkan api dengan peralatan yang ada. Setelah hampir 1,5 jam, akhirnya api berhasil dipadamkan," tambah AKP Abu Sangit.

Selain melakukan pemadaman, Polsek Balikpapan Selatan juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar mengenai bahaya pembakaran lahan, terutama di tengah cuaca panas yang berpotensi besar memicu kebakaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan di kondisi cuaca yang panas seperti sekarang ini. Hal ini sangat berbahaya, dan kebakaran bisa cepat menyebar seperti yang terjadi kali ini,” tegas AKP Abu Sangit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: