Waspada Pasang Tinggi hingga 2,8 Meter di Pesisir Kaltim

Waspada Pasang Tinggi hingga 2,8 Meter di Pesisir Kaltim

Pasang laut di pesisir Kaltim diperkirakan mencapai puncaknya pada pertengahan September ini.-(Ilustrasi/Nomorsatukaltim)-NOMORSATUKALTIM

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mengeluarkan peringatan terkait potensi pasang laut tinggi yang dapat mencapai hingga 2,8 meter di wilayah pesisir Kalimantan Timur (Kaltim). 

BMKG meminta warga di wilayah pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari pasang laut yang dapat mengganggu aktivitas ekonomi, sosial, serta menimbulkan risiko bagi keselamatan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Diyan Novrida, menyatakan bahwa pasang laut tinggi diprediksi terjadi antara 11 hingga 20 September 2024. 

"Pasang laut di Provinsi Kalimantan Timur berkisar antara 2,7 hingga 2,8 meter pada dasarian 2 September, atau dalam periode 11-20 September 2024," kata Diyan, dilansir dari Antara, Jumat (13/9/2024).

BACA JUGA: Bulan ini Berlangsung Hari 'Tanpa Bayangan' di Kaltim, Catat Tanggal dan Waktunya!

BACA JUGA: 7 Pabrik Beton Ready Mix di PPU tak Berizin, Pemkab Bisa Tutup Paksa

Dampak Pasang Tinggi di Pesisir Kaltim

Pasang laut tinggi dapat memengaruhi berbagai aktivitas, khususnya petambak yang memiliki tambak kepiting, udang, dan perikanan laut lainnya. 

BMKG mengimbau para petambak untuk melakukan langkah-langkah antisipasi agar budi daya mereka tidak rusak atau terbawa arus ketika air laut meluap ke tambak. 

Selain itu, aktivitas bongkar muat di pelabuhan serta kehidupan warga yang tinggal di kawasan pesisir juga dapat terganggu oleh pasang tinggi ini.

Di wilayah Balikpapan, pasang tertinggi diperkirakan terjadi pada 19 dan 20 September 2024, dengan ketinggian mencapai 2,7 meter pada pukul 19.00 dan 20.00 WITA. 

BACA JUGA: Posyandu PPU Bakal Layani Masyarakat sebagai LKD

BACA JUGA: Festival Kuliner di Berau akan Digelar Oktober Mendatang

Surut terendah di daerah ini diperkirakan 0,1 meter dan akan terjadi pada siang hari, pukul 13.00 WITA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: