Pemkab Berau Akan Bangun 309 Rumah Layak Huni Tahun Ini

Pemkab Berau Akan Bangun 309 Rumah Layak Huni Tahun Ini

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas saat meresmikan rumah layak huni.-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu, dengan menuntaskan program Rumah Layak Huni (RLH) melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Berau.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan bantuan RLH merupakan salah satu program prioritas Pemkab.

"Program ini sedang berjalan melalui Disperkim Berau. Tahun ini, Insyaallah akan dibangun sebanyak 309 unit RLH dan semoga programnya tepat sasaran," ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Adapun bantuan itu diberikan, kepada warga yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Berau. Dimana, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah memiliki data siapa saja penerima manfaat dari program itu.

"Kami ingin, warga Berau memiliki tempat tinggal yang layak dan nyaman," ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan RLH tersebut, seluruh masyarakat Berau secara bertahap dapat tinggal di rumah yang layak.

“Saya juga berharap prosesnya bisa berjalan sesuai dengan yang ditargetkan dan tidak ada kendala berarti hingga akhir,” bebernya.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Pelaksana Pranata Izin Tinggal Disperkim Berau, Yulius menambahkan bahwa persyaratan untuk penerima bantuan RLH ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu warga tidak mampu yang memiliki pendapatan di bawah atau setara dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Dikatakannya, untuk pelaksanaan pembangunan RLH akan dimulai setelah penyusunan RAB dan penandatanganan buku rekening untuk setiap penerima bantuan.

"Untuk wilayah yang telah dilakukan verifikasi data dan sosialisasi yaitu Kampung Sido Bangen, Long Beliu, Inaran, Kelurahan Teluk Bayur dan Kampung Pandan Sari," ujarnya.

Diakuinya, pihaknya telah memulai sosialisasi secara bertahap di beberapa wilayah penerima bantuan RLH. Adapun, pada tahun 2024, penerima program RLH akan tersebar di 10 kecamatan.

Yakni, Biduk-biduk (2 kampung), Talisayan (2 kampung), Tabalar (4 kampung), Sambaliung (3 kampung), Segah (3 kampung), Kelay (3 kampung), Gunung Tabur (3 kampung) Tanjung Redeb (1 kelurahan) dan Teluk Bayur (1 kelurahan).

"Sedangkan nilai bantuan RLH yang akan diberikan yaitu Rp 20 juta per KK untuk rehabilitasi murni, dan Rp 32 juta per KK untuk rehabilitasi rumah termasuk MCK," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: