Program TMMD di Desa Sunge Terik Paser Resmi Ditutup

Program TMMD di Desa Sunge Terik Paser Resmi Ditutup

Penandatanganan batu prasasti program TMMD di Desa Sunge Terik oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Setelah satu bulan, kerja keras prajurit Kodim 0904/PSR dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Desa Sunge Terik, Kecamatan Batu Sopang, akhirnya rampung.

Penutup rampungnya program fisik dan non fisik secara resmi dilakukan oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul di Lapangan Kecamatan Batu Sopang, Kamis (22/8/2024).

BACA JUGA:Over Kapasitas dan Perketat Keamanan Rutan, Tanah Grogot Tambah 38 Unit CCTV

"Semua sasaran kegiatan terlaksana dengan baik dan mencapai 100 persen baik kegiatan fisik maupun non fisik," kata Anggara.

Dalam berbagai program TMMD dikatakannya cermat dalam perhitungan waktu pengerjaan, sehingga tuntas tepat waktu. Hanya saja, ia menuturkan kendala di lapangan pasti ada, khususnya terkait cuaca maupun jarak.

"Cuaca dan jarak tentu menjadi tantangan bagi Satgas, terutama untuk pembangunan fisik," jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Pendaftaran Paslon, KPU Paser Gelar Rakor Lintas Sektoral terkait Syarat Calon

Adapun sasaran fisik lainnya pembukaan badan jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer dengan lebar 8 meter, pembuatan jembatan ulin yang panjangnya 30 meter dan lebar 4 meter, pembangunan 1 unit rumah layak huni, hingga pemasangan gorong-gorong di tiga titik.

Kemudian sasaran non fisik yang mencakup penyuluhan peternakan, stunting, suluh Kamtibmas dan bahaya narkoba, sosialisasi pertanian, penyuluhan bela negara, kampanye kreatif rekrutmen TNI.

Program TMMD ini juga terdapat sasaran tambahan, yakni rehab masjid, rumah tidak layak huni (RTLH), mandi cuci kakus (MCK), ketahanan pangan, TNI Manunggal Air Bersih berupa sumur bor, penanaman pohon, stunting dan pembersihan sungai.

Dirinya menyebut, terkait sasaran pembukaan jalan menurutnya perlu tindak lanjut atau ditingkatkan berupa pengerasan jalan menggunakan tumpukan batu.

BACA JUGA:Acong, Dua Kali Gagal Nyaleg, Sekarang Berhasil Duduk di DPRD Paser

"Tentunya nanti Dandim perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk keberlanjutannya. Setelah kegiatan ini selesai diserahkan kepada pemerintah, tentu nanti ada tahapan peningkatan," harap Anggara.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Romif Erwinadi mengaku akan menindaklanjuti terkait kegiatan yang telah dilakukan TMMD, khususnya pengerjaan fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: