Gempa di Bulungan Tidak Menimbulkan Kerusakan Sedikitpun di Berau

Gempa di Bulungan Tidak Menimbulkan Kerusakan Sedikitpun di Berau

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Novian Hidayat-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Novian Hidayat mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait kerusakan akibat gempa yang terjadi di wilayah Bulungan, Kalimantan Utara.

Namun, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

"Tetap waspada, tetapi jangan panik. Insyaallah sampai saat ini Berau masih aman," ujarnya kepada Nomorsatukaltim, Rabu (21/8/2024).

BACA JUGA : ISBI Kaltim Diaktifkan Lagi, Pelajar dan Seniman Bisa Daftar Tanpa Batas Usia

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar mencari tahu strategi penyelamatan dini saat terjadinya gempa.

Apabila terjadi gempa susulan, masyarakat diharapkan jangan panik, segera matikan sumber listrik dan api, lalu keluar dari bangunan dan mencari area terbuka.

"Masyarakat bisa mencari tempat yang luas seperti tanah lapang dan hindari berada di dekat pohon maupun tiang listrik yang berpotensi roboh," tandasnya.

BACA JUGA : Breaking News! Gempa M 4,9 Guncang Bulungan, Guncangan Terasa hingga Berau

Sementara itu, dirinya juga membenarkan informasi bahwa Berau masuk dalam wilayah siaga tsunami. Namun Nofian berharap masyarakat tidak perlu panik selama mempersiapkan diri dengan baik.

Sebelumnya diberitakan, sebuah gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,9 mengguncang wilayah Bulungan, Kalimantan Utara, pada Rabu pagi (21/8/2024).

Gempa tersebut terjadi pada pukul 08.01 Wita, dengan pusat Gempa berada di darat, sekitar 50 kilometer barat daya Bulungan. 

BACA JUGA : Berdalih Punya Trayek Sendiri, Sopir Angkot Balikpapan Tolak Solusi Feeder Bacitra

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi pada koordinat 2,47 Lintang Utara dan 116,85 Bujur Timur dengan kedalaman 51 kilometer.

Guncangan akibat gempa ini dirasakan di beberapa wilayah, termasuk Tanjung Selor dan Berau, Kalimantan Timur. Guncangan gempa di Tanjung Selor terasa dengan intensitas skala III MMI (Modified Mercalli Intensity). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: