Dapat Hibah 200 Ekor Sapi, Dua Koperasi di Paser Jadi Proyek Percontohan

Dapat Hibah 200 Ekor Sapi, Dua Koperasi di Paser Jadi Proyek Percontohan

Dua koperasi ternak di Paser masing-masing bakal diberikan 100 ekor sapi.-(Foto/Istimewa)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Empat desa di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur disiapkan menjadi lokasi pengembangan peternakan sapi berbasis koperasi ternak.

Yakni Desa Keresik Bura dan Suatang melalui Koperasi Paser MaS Jaya. Serta Koperasi Paser Mas Abadi yang mencakup Desa Damit dan Bekoso. Diketahui 4 desa itu berada di Kecamatan Pasir Belengkong.

"Setiap koperasi mendapatkan 100 ekor pembibitan sapi ternak, begitupun dengan kandang hingga pakannya," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser, Djoko Bawono, Senin (22/7/2024).

BACA JUGA: Musim Kemarau Kaltim Dimulai Agustus, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Masa Transisi

Kedua koperasi tersebut bakal dijadikan proyek percontohan di kawasan Kabupaten Paser. 

Djoko bilang, program pengembangan peternakan berbasis koperasi tersebut diharapkan dapat diadopsi oleh kawasan lain. Pogram ini merupakan gagasan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim. 

BACA JUGA: Honorer Pemkab Paser Lolos Verval Dijamin Diangkat PPPK 2024

"Mayor proyek itu dari Disnak Kaltim yang memang merupakan inisiatif dari Pemprov Kaltim, dan khusus untuk sapi itu memang di Kabupaten Paser saja. Kalau kambing maupun sebagainya di kabupaten yang lain, dan tahun ini pelaksanaannya," sebutnya.

Pengembangan peternakan bertujuan menambah populasi jumlah ternak di Kaltim. Apalagi dengan kehadiran IKN Nusantara yang secara geografis bertetangga dengan Kabupaten Paser.

BACA JUGA: Darurat Kebutuhan Internet, Tiga Desa di Paser Mulai Pasang Starlink

"Bisa kita adopsi kalau berhasil untuk dikembangkan ke kelompok yang lain. Kita lihat dulu satu atau dua tahun ke depan, kalau bagus bisa kita contoh programnya," tandas Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: