Pemkab Paser Bekali Kewirausahaan bagi ASN Jelang Pensiun

Pemkab Paser Bekali Kewirausahaan bagi ASN Jelang Pensiun

Kegiatan sosialisasi ketaspenan, perbankan dan kewirausahaan untuk ASN jelang purna tugas di lingkungan Pemkab Paser. -Awal/Disway-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Sebanyak 103 aparatur sipil negara (ASN) serta 43 orang bagian umum yang memasuki masa pensiun di lingkungan Pemkab Paser diberi pembekalan. Yakni sosialisasi kewirausahaan, Taspen dan sosialisasi perbankan oleh Bankaltimtara.

Kegiatan ini dihelat di Aula Masjid Agung Nurul Falah, Kecamatan Tanah Grogot. Sekretaris Daerah, Katsul Wijaya mewakili Bupati Paser, Fahmi Fadli membuka kegiatan yang berlangsung sekira pukul 10.00 Wita.

"Pembekalan kewirausahaan ini sangat penting bagi ASN yang memasuki masa pensiun, dimana tetap bisa menghasilkan atau produktif selepas pensiun nanti," kata Katsul, diwawancara usai kegiatan, Kamis (18/7/2024).

BACA JUGA:Kejar Cakupan 95 Persen Imunisasi Polio di Paser

Dikatakannya, pembekalan kewirausahaan tentunya tidak banyak berarti jika dibandingkan dengan pengalaman para ASN selama berada di Pemerintahan. Namun inilah yang dapat pemerintah daerah lakukan.

"Sosialisasi ketaspenan dianggap penting karena setiap pegawai yang sudah selesai masa baktinya akan berurusan dengan PT Taspen," sambungnya.

Ia juga menyampaikan kepada kepala sub bagian kepegawaian dan umum yang menangani terkait kepegawaian di instansi masing, agar masing- benar-benar memperhatikan dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dikatakannya, pegawai di lingkungan kerja bukan hanya bagi pegawai yang akan purna tugas, tapi juga bertanggung jawab untuk urusan kepegawaian lain. Seperti kenaikan pangkat dan gaji berkala, data dan arsip pegawai, kesejahteraan, absensi pembinaan dan kedisiplinan, serta pemberian cuti.

"Semuanya dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, mengedepankan sisi kemanusiaan, perhatikan norma, kaidah dan etika," jelasnya.

BACA JUGA:Dukung Percepatan Pembangunan IKN, PT MCM Perbaiki Ruas Jalan Kalsel-Kaltim Sepanjang 100 Kilometer

Mewakili Pemkab Paser, Katsul menghaturkan terima kasih atas dedikasi yang selama ini telah turut mewarnai, bersama menyusun kebijakan, menerjemahkan kebijakan itu dalam karya nyata, melakukan monitoring dan evaluasi, serta dengan tulus, ikhlas dan sabar mengajarkan praktek-praktek baik kepada generasi sekarang.

"Kondisi Paser saat ini harus diakui jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Itu terlaksana di antaranya berkat jasa kita semua," terangnya.

Sehingga telah sepantasnya pada akhir masa-masa akhir kerja di lingkungan Pemkab Paser, pemerintah memberikan pembekalan. "Pemerintah Kabupaten Paser memberikan imbal balik berupa pengetahuan tambahan sebagai bekal di masa purna tugas," pungkas Katsul.

Sekadar diketahui, materi pembekalan bagi ASN yang memasuki purna tugas yakni dari PT Taspen cabang Samarinda, Teras UMKM Kabupaten Paser, dan Bankaltimtara cabang Paser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: