Ramalan Cuaca Kaltim, 18 Juli 2024, Cek di Sini!

Ramalan Cuaca Kaltim, 18 Juli 2024, Cek di Sini!

Ilustrasi Cuaca Kalimantan Timur (Kaltim) hari ini.-(Ilustrasi/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Bagi Anda yang berada di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), penting untuk mengetahui kondisi cuaca yang akan terjadi pada Kamis, 18 Juli 2024. 

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah Kaltim akan diguyur hujan pada rentang waktu beragam. 

Bahkan beberapa wilayah diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem, yakni potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang. 

"Peringatan Dini! Waspada Hujan Lebat dapat disertai Petir dan Angin Kencang di wilayah Maratua, Tabalar, Bontang, Samarinda, Tenggarong, Pulau Derawan, Bongan, Muara Badak, Loa Janan Ilir," demikian rilis BMKG untuk hari Kamis (18/7/2024).

BACA JUGA: Ratusan Sopir Angkot Protes Pengoperasian Bus Bacitra, Wali Kota: Itu Kan Program Pemerintah Pusat

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan bencana alam seperti banjir dan pohon tumbang akibat angin kencang.

Ibu Kota Kaltim yakni Kota Samarinda menjadi salah satu kawasan yang mendapat peringatan dini, diprediksi diguyur hujan pada pagi maupun siang hari. Namun, cuaca akan membaik menjadi cerah berawan pada malam dan dini hari. 

Suhu di Samarinda berkisar antara 24 hingga 30 derajat Celsius dengan kelembapan 75 hingga 95 persen. Masyarakat Samarinda disarankan untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan cuaca hujan jika beraktivitas di luar pada pagi dan siang hari.

BACA JUGA: Breaking News! Siswa SMP Terseret Arus di Pantai Monpera Balikpapan

Selanjutnya, cuaca Kota Balikpapan pada pagi hari diprediksi akan cerah berawan dengan suhu berkisar antara 25 hingga 30 derajat Celsius dan kelembapan 75 hingga 90 persen. Saat siang hari, Balikpapan akan mengalami hujan ringan, namun cuaca akan kembali cerah berawan pada malam hari dan dini hari. 

Untuk wilayah Bontang, hujan ringan diperkirakan akan turun pada pagi hari. Saat siang hingga malam hari, cuaca akan berangsur cerah berawan. Suhu di Bontang berkisar antara 25 hingga 29 derajat Celsius dengan kelembapan tinggi mencapai 80 hingga 95 persen. 

Sedangkan kawasan Penajam akan mengalami cuaca cerah berawan pada pagi hari. Namun, warga Penajam diharapkan tetap waspada terhadap perubahan cuaca mendadak terutama pada siang hari. Hujan ringan akan turun pada siang hari, diikuti dengan cuaca berawan pada malam hari dan cerah berawan pada dini hari. 

BACA JUGA: Kebobolan Impor Tekstil USD 249,87 Juta, Mendag Usul Bentuk Satgas

Sendawar, Kutai Barat diramal akan mengalami hujan ringan pada pagi hari, diikuti dengan berawan tebal pada siang hari. Malam hari di Sendawar diprediksi berawan dan akan ada kabut pada dini hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: