Polresta Balikpapan Siapkan Pengamanan Khusus Pilkada 2024, Sesuaikan Personel di TPS

Polresta Balikpapan Siapkan Pengamanan Khusus Pilkada 2024, Sesuaikan Personel di TPS

Kabag Ops Polresta Balikpapan, Kompol Djoko Purwanto. -(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Polresta Balikpapan tengah mempersiapkan pengamanan khusus untuk Pilkada 2024, dengan menyesuaikan jumlah personel dan Linmas berdasarkan tingkat kerawanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Kabag Ops Polresta Balikpapan, Kompol Djoko Purwanto, menjelaskan bahwa pengamanan TPS akan didasarkan pada klasifikasi tingkat kerawanan, yakni kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. 

"Kalau sangat rawan itu bisa dua personel Polri, satu TPS dan dua Linmas. Kalau kurang rawan itu bisa sampai dua personel untuk enam TPS dengan 12 linmas," jelas Kompol Djoko.

BACA JUGA: 5 Channel Youtube yang Membahas Tentang Sains, Auto Pintar Setelah Nonton

Penurunan jumlah TPS dari 2.046 menjadi 992 menurutnya juga akan berdampak pada pola pengamanan yang diatur oleh Mabes Polri. 

"Pastinya berpengaruh jumlah TPS yang katanya dari 2.046 menjadi 992, pasti akan berpengaruh terhadap pola pengamanan kita, personel yang diturunkan," tambah Djoko.

Penempatan personel juga akan disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di satu TPS yang maksimal 800 pemilih. 

BACA JUGA: Pj Gubernur Kaltim Sebut Tiga Daerah ini Paling Rawan di Pilkada 2024

"Secara ketentuan, apakah nanti pola pengamanan penempatan personel di TPS itu juga akan berpengaruh? Ya, pasti semuanya akan berubah sesuai dengan kerawanan," kata Djoko.

Sementara untuk pengamanan di TPS yang sangat rawan, Djoko mengatakan bahwa akan ada penambahan personel Polri dan Linmas. 

"Polanya itu sudah diatur oleh Mabes Polri, jadi kita tinggal ikuti dan menunggu informasi apakah satu TPS ini termasuk rawan, kurang rawan, atau bahkan sangat rawan," jelas Djoko.

BACA JUGA: KPU Balikpapan Rumuskan Pembentukan TPS Lokasi Khusus Untuk Pilkada 2024

Ia juga berharap bahwa pengamanan yang optimal ini untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama proses pemungutan suara Pilkada 2024 di Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: