Dinkes Berau Ajak Masyarakat Rutin Periksa Kesehatan

Dinkes Berau Ajak Masyarakat Rutin Periksa Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Lamlay Sarie.-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau mengimbau masyarakat untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah berbagai ancaman penyakit.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap individu, dari segala usia, dapat hidup sehat dan produktif.

Saat ini, Dinkes Berau tengah menjalankan instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang berfokus pada pengaktifan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Posyandu Lansia secara masif di berbagai wilayah.

Kepala Dinkes Berau, Lamlay Sarie, menyatakan bahwa pihaknya kini telah memulai pelayanan kesehatan yang menyasar langsung ke lingkungan tempat tinggal warga.

Layanan ini berupa pemeriksaan kesehatan rutin setiap bulan yang diadakan di sekitar rumah warga untuk memudahkan akses masyarakat.

BACA JUGA : Pemprov Kaltim Kerja Sama dengan Tiongkok, Dorong Ketahanan Pangan dan Pengembangan Desa

“Kami sudah bergerak secara masif, tinggal masyarakat yang perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan mau memeriksakan diri secara berkala,” ujarnya pada Senin (8/7/2024).

Lebih lanjut, Lamlay menekankan pentingnya kesadaran kesehatan di kalangan usia produktif, yakni mereka yang berusia 15 hingga 59 tahun.

Kelompok usia ini memiliki peran penting dalam mengawal pertumbuhan dan pembangunan daerah.

BACA JUGA : Modus Baru Penipu! Buka Lowongan Kerja, Data Pelamar untuk Daftar Pinjol

Menurutnya, setiap orang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keberlangsungan hidup dan kesejahteraan keluarga.

Oleh karena itu, tidak boleh ada yang mengabaikan pemeriksaan kesehatan rutin.

“Jika tidak sempat ke Posbindu atau Posyandu Lansia, peserta BPJS bisa memeriksakan diri ke dokter keluarga,” tambahnya.

Selain itu, Lamlay menggarisbawahi bahwa penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah pintu masuk bagi berbagai penyakit lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: