Shin Tae-yong Ingin Tambah Naturalisasi di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ernando Ari: ‘Ya Engga

Shin Tae-yong Ingin Tambah Naturalisasi di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ernando Ari: ‘Ya Engga

Ernando Ari.--

NOMORSATUKALTIM - Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari mengungkap rencana Shin Tae-yong akan menambah pemain naturalisasi.

Bagi pecinta sepak bola, istilah naturalisasi pemain Timnas pasti sudah tidak asing di telinga. Dalam dunia sepak bola, naturalisasi merupakan proses hukum seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan suatu negara atau alih status dari WNA menjadi WNI.

Dasar hukum mengenai naturalisasi telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa naturalisasi merupakan tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui permohonan Kementerian Hukum dan HAM.

BACA JUGA:Disebut Sebagai Pemain Titipan di Timnas U-16, Pemain ini Ternyata Punya Segudang Prestasi

Di Timnas Indonesia sepak bola, terdapat beberapa pemain naturalisasi yang kini sudah beralih status menjadi WNI, seperti Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick, Elkan Baggott, Jordi Amat, hingga Lilipaly.

Beberapa pemain naturalisasi tersebut masuk ke dalam skuad ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia sukses melaju ke putaran tiga (Round 3) Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Skuad Garuda finis sebagai runner up Grup F di putaran dua dengan poin 10 dari enam laga. Saat ini, Tim Merah Putih tengah menanti lawan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jadwalnya, drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia berlangsung pada Kamis, 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

BACA JUGA:Presiden AFC Bangga, Timnas Indonesia dan Palestina Jadi Imajinasi Benua Asia

Untuk memperkuat pemain, Ernando Ari mengungkap bahwa pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong akan menambah pemain naturalisasi.

Hal itu disampaikan kiper Timnas Indonesia dalam perbincangan Bersama Praz Teguh dan Riphan Pradipta di akun YouTube Sport77 Official.

Terkait pemain naturalisasi di Timnas Indonesia, penjaga gawang muda Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya tak mempermasalahkan keberadaannya.

"Selama naturalisasinya bagus, ya terus gapapa, kita bersaing aja," kata Ernando dikutip Kamis, 20 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: