Rektor Uniba Tegaskan Penguatan Jaringan dan Dukungan untuk Pembangunan IKN

Rektor Uniba Tegaskan Penguatan Jaringan dan Dukungan untuk Pembangunan IKN

Rektor Universitas Balikpapan, Dr. Ir. M. Isradi Zainal (kanan). -istimewa-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Demi memerkuat posisi Indonesia sebagai pusat ekonomi dan kebudayaan di Asia Tenggara, Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Isradi Zainal, mengungkapkan berbagai strategi yang dirancang untuk mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Isradi berbicara tentang pentingnya sinergi antara akademisi, masyarakat adat dan pemerintah. Serta menekankan peran vital pendidikan vokasi dan digitalisasi dalam menjawab tantangan pembangunan IKN ini.

“Kami tidak terlibat dalam politik, tetapi dukungan ada dari beberapa menteri dan wakil menteri,” ungkap Isradi, Senin 10 Juni 2024. 

BACA JUGA:Cuaca Buruk, Penerbangan Dua Maskapai Menuju Samarinda Dialihkan Sementara ke Balikpapan

Ia juga menegaskan pentingnya sinergi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat adat dan pemangku kepentingan di Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Kami hampir bersinergi dengan semua pihak di Kaltim. Misalnya, kami sering diundang sebagai narasumber oleh Polda untuk membicarakan strategi mengawal IKN,” tambahnya.

Sementara itu, dalam bidang pendidikan, Isradi menyoroti pentingnya pendidikan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan IKN. 

“Pendidikan vokasi yang dibutuhkan antara lain yang berkaitan dengan kesehatan, konstruksi, lingkungan, dan teknik,” ujar Isradi. 

Menurutnya, pengembangan pendidikan vokasi ini krusial untuk mendukung berbagai proyek strategis di IKN, termasuk pembangunan rumah sakit internasional dan proyek konstruksi besar lainnya.

Isradi juga menyinggung pentingnya digitalisasi dalam pendidikan vokasi, karena semua aspek yang terkait dengan teknologi akan berkembang dengan sendirinya. 

Ia juga menambahkan bahwa aspek-aspek seperti safety, health, dan environmental management harus diperhatikan secara serius dalam pembangunan IKN. Sedangkan mengenai kerjasama internasional, Isradi menyebutkan beberapa universitas yang sudah menjalin kerjasama dengan Uniba, seperti Brunei Darussalam University dan Sarawak University. 

BACA JUGA:Berkat CCTV, Aksi Pencurian Rumah Kosong di Balikpapan Terungkap

“Kami juga sudah mensosialisasikan pentingnya menjadikan Kalimantan sebagai pusat pengembangan kawasan maritim alkitua,” tambahnya.

Isradi menutup wawancara dengan menegaskan komitmen Uniba dalam mendukung pembangunan IKN melalui berbagai inisiatif dan kerjasama strategis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: