Shin Tae-yong Hadapi Tantangan dalam Naturalisasi Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong Hadapi Tantangan dalam Naturalisasi Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, menghadapi berbagai tantangan dalam proses naturalisasi pemain asing, yang diharapkan dapat memperkuat skuad Garuda di lanjutan Grup F putaran kedua, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tiga pemain naturalisasi yang menjadi targetnya adalah Maarten Paes, Calvin Verdonk, dan Jens Raven.

Dengan jadwal yang semakin dekat, yakni pertandingan melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Shin Tae-yong berharap proses naturalisasi dapat selesai tepat waktu.

Namun, proses naturalisasi Maarten Paes, kiper FC Dallas, menghadapi kendala serius. Meskipun Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah kewarganegaraan pada 30 April 2024, ada potensi hambatan dari regulasi FIFA.

BACA JUGA:Mimpi Garuda Muda Berlaga di Olimpiade Paris Kandas, Shin Taeo Yong 'Ngegas'

Paes, yang pernah bermain untuk timnas U-21 Belanda pada usia 22 tahun, berisiko tidak memenuhi syarat untuk berganti tim nasional, karena aturan FIFA mengharuskan pemain di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain di pertandingan resmi untuk dapat berganti tim nasional. Akibatnya, kasus ini harus dibawa ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

"Jadi saya tidak bisa kasih jawaban pasti karena harus hati-hati," kata Shin Tae-yong. "Memang sudah sumpah (Maarten Paes). Tapi harus kita lihat nanti situasinya akhir Mei bagaimana."

Sementara itu, proses naturalisasi untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven masih dalam tahap awal. Verdonk, yang saat ini bermain sebagai bek kiri untuk NEC Nijmegen, dan Raven, striker muda Dordrecht U-21, diharapkan bisa menyusul Paes bergabung dengan timnas Indonesia. Namun, belum ada kepastian mengenai kapan proses mereka akan selesai.

BACA JUGA:Kiper Grade A Tambah Kekuatan Timnas Indonesia, Maarten Paes Resmi Jadi WNI

Dalam menghadapi tantangan ini, Shin Tae-yong tetap fokus untuk mempersiapkan tim dengan baik demi mengamankan kemenangan dalam dua pertandingan krusial melawan Irak dan Filipina. Kemenangan ini penting untuk menjaga peluang timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Persiapan baik dan ada dua pertandingan di Juni nanti," kata Shin Tae-yong. "Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kemenangan di dua pertandingan nanti."

BACA JUGA:Tanggapan Striker Vietnam Soal Pemain Naturalisasi Indonesia: ‘Biasa Aja’

Timnas Indonesia saat ini mengumpulkan tujuh poin dan berada di posisi kedua klasemen Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sehingga kemenangan di dua pertandingan mendatang menjadi sangat penting untuk melanjutkan perjalanan menuju Piala Dunia 2026.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: