Yuk Kenalan dengan Tiora, Maskot Pilkada Paser 2024

Yuk Kenalan dengan Tiora, Maskot Pilkada Paser 2024

Tiora, maskot Pilkada Paser 2024 resmi dikenalkan kepada publik. -awal/disway-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi memperkenalkan Tiora, maskot Pilkada Paser 2024. Dikenakan kepada publik saat peluncuran tahapan Pilkada  di eks arena MTQ, Kecamatan Tanah Grogot.

Maskot Pilkada Paser yaitu burung Tiong. Diberi nama Tiora (Tiong Rakyat). Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Paser, Hafida, mengatakan, maskot yang dipilih merupakan hasil lomba yang sebelumnya digelar.

Dia bilang, Burung Tiong memiliki suara unik, khas dan beragam yang merepresentasikan suara rakyat Kabupaten Paser yang majemuk dalam memilih calon kepala daerah pada 27 November 2024 mendatang.

"Warna khas Paser diwakili oleh burung Tiong, warna putih di beberapa helai sayapnya melambangkan kesucian hati masyarakat Paser dalam menggunakan hak pilihnya dengan mengedepankan prinsip asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," ucapnya, Sabtu 4 Mei 2024 malam. 

BACA JUGA:Tahapan Pilkada Serentak 2024 Kabupaten Paser Resmi Dimulai

Pakaian yang dikenakan adalah berahan atau baju perang, lengkap dengan ikat kepala dengan warna dan motif batik khas Paser merepresentasikan semangat jiwa pemikir dan kegigihan perjuangan masyarakat Paser dalam menyukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati Paser.

"Sayap kanan memegang paku sebagai media untuk mencoblos di TPS, sayap kiri memegang surat suara untuk pilkada Paser 2024," jelas dia.

Maskot Tiora mengenakan sepatu kasual. Katanya, sebagai simbol pemilih muda. "Dimana diharapkan cerdas dalam menggunakan hak pilih nantinya," ungkap Hafida.

Sekadar diketahui, sejarah singkat maskot utama Paser yakni Burung Tiong, untuk menghasilkan maskot Bumi Daya Taka, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser melaksanakan dialog budaya dengan berbagai unsur tokoh adat, tokoh budaya, tokoh masyarakat, dan unsur pemerintah pada 26 Februari 2019.

BACA JUGA:Tambah Amunisi, Shin Tae-yong Panggil Dewangga dan Elkan Baggot Lawan Guinea U23 di Playoff Olimpiade 2024

Salah satu hasil musyawarah memutuskan bahwa Burung Tiong atau Beo sebagai maskot utama dengan kandungan filosofi yang sangat sesuai dengan adat tradisi budaya masyarakat Paser.

Untuk mendapatkan desain model maskot tiong. Disdikbud menyelenggarakan lomba pada 2020, berdasarkan hasil dan mulai ditetapkan selanjutnya diusulkan pada bagian Hukum Setda Paser untuk menjadi maskot utama Kabupaten Paser yang akhirnya telah terbit Peraturan Bupati Paser Nomor 67 Tahun 2020, yang selanjutnya dicabut dengan Peraturan Bupati Paser Nomor 38 Tahun 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: