Cara Mudah Mengelola Banyak Password yang Kuat, Tanpa Takut Lupa

Cara Mudah Mengelola Banyak Password  yang Kuat, Tanpa Takut Lupa

Tips mengelola banyak password yang kuat dan aman tanpa takut lupa.-(Foto/iStock)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Teknologi digital kini telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Kondisi ini kerap memaksa kita untuk memiliki banyak akun online.

Menggunakan satu kata sandi untuk banyak akun, tentunya bukanlah keputusan yang bijak. Demi keamanan digital, diperlukan kata sandi atau password berbeda untuk setiap akun online agar tidak mudah dibobol oleh peretas. 

Namun, mempertahankan kata sandi yang kuat dan aman untuk setiap akun bisa menjadi tugas yang berat.

Alih-alih mengamankan akun dari peretasan, bisa jadi urusan makin runyam gara-gara lupa kata sandi yang sudah kita pasang.

Namun kini ada cara yang efektif untuk mengelola banyak password yang kuat tanpa takut lupa? 

Berikut ini kami berikan beberapa strategi dan alat yang dapat membantu Anda menjaga keamanan digital tanpa takut kehilangan akun akibat lupa password.

BACA JUGA: Bermain Gawai Lebih dari 20 Menit Sehari Tingkatkan Potensi Anak Menjadi Tantrum

1. Gunakan Manajer Kata Sandi

Salah satu cara paling efektif untuk mengelola banyak password adalah dengan menggunakan manajer kata sandi. Aplikasi seperti LastPass, 1Password, atau Bitwarden memungkinkan Anda menyimpan semua kata sandi Anda secara aman dalam satu tempat yang terenkripsi. 

Yang perlu Anda ingat hanyalah satu kata sandi master untuk mengakses semua kata sandi Anda yang disimpan di dalam manajer kata sandi tersebut. 

Dengan menggunakan manajer kata sandi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun Anda tanpa takut lupa.

BACA JUGA: Mulai Agak Pikun? Coba Rebus Tanaman Pegagan Yuk, Begini Caranya

2. Memanfaatkan Kunci Fisik

Selain kata sandi, menggunakan otentikasi dua faktor (2FA) juga merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan akun Anda. Kunci fisik seperti YubiKey adalah perangkat keras keamanan yang dapat Anda gunakan untuk 2FA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: