10 Desa di Kecamatan Kota Bangun Darat Sudah Dapat Bantuan Armada Pengangkut Sampah

10 Desa di Kecamatan Kota Bangun Darat Sudah Dapat Bantuan Armada Pengangkut Sampah

Camat Kota Bangun Darat, Julkifli.-ist-diskominfo kukar


--
KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Sebagai upaya berkelanjutan untuk mengatasi masalah sampah, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mulai mendistribusikan armada pengangkut sampah ke desa-desa.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi yang didukung Pemerintah Kabupaten Kukar untuk menghadapi tantangan lingkungan. Armada pengangkut sampah roda tiga telah mencapai sepuluh desa.

Inisiatif ini dijalankan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar, dengan Camat Kota Bangun Darat, Julkifli. Mereka menyerahkan kendaraan tersebut kepada para kepala desa Maret 2024 lalu.

Julkifli menyampaikan bahwa kendaraan pengangkut sampah ini diperoleh dari anggaran APBD Perubahan Kukar tahun 2023. Namun, karena proses administrasi yang diperlukan, penyerahan kendaraan baru dapat dilakukan di awal tahun 2024.

“Penyerahan armada tertunda karena proses administrasi, namun kami pastikan distribusi selesai sebelum Lebaran,” ujar Julkifli.

Dengan armada pengangkut sampah baru ini, diharapkan desa-desa dapat mengatasi masalah sampah dengan lebih efisien. Sampah yang terkumpul akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Loleng, yang juga termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Kota Bangun.

Untuk penanganan sampah dalam jangka panjang, Kecamatan Kota Bangun Darat juga berencana untuk menambah armada dengan dua unit truk besar pengangkut sampah. Truk ini akan bertugas mengangkut sampah dari desa-desa yang telah mengumpulkan sampahnya.

“Kami akan terus meningkatkan sistem pengangkutan sampah dengan menambahkan dua truk besar ke armada kami, yang akan dioperasikan oleh DLHK,” tutup Julkifli. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: