Membongkar 'Doping' Alami Para Atlet! Jus Buah dan Sayur Menu Wajib Sebelum Bertanding

Membongkar 'Doping' Alami Para Atlet! Jus Buah dan Sayur Menu Wajib Sebelum Bertanding

Rahasia atlet mampu tampil maksimal selama pertandingan adalah mengonsumsi jus buah dan sayur.-(Ilustrasi/Freepik)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dalam dunia olahraga, persiapan sebelum bertanding merupakan hal yang sangat penting bagi para atlet untuk mencapai performa optimal. 

Salah satu aspek penting dari persiapan tersebut adalah nutrisi yang tepat, yang dapat memberikan energi, meningkatkan daya tahan, dan mempercepat pemulihan otot. 

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh para atlet adalah mengonsumsi 'doping' alami, yakni  jus buah dan sayuran sebelum bertanding. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat jus buah dan sayuran bagi para atlet dan alasan keduanya menjadi pilihan yang cerdas sebelum bertanding.

BACA JUGA: Ternyata Jus Buah Asli Dalam Kemasan Ada Manfaatnya Loh untuk Kesehatan

 

Manfaat Jus Buah Sebelum Bertanding

Para atlet seringkali memilih untuk mengonsumsi jus buah sebelum bertanding karena kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaatnya yang beragam. 

Beberapa buah yang biasanya dijus oleh atlet di antaranya adalah jeruk, pisang, apel, semangka, dan blueberry.

Jeruk adalah sumber yang kaya akan vitamin C dan karbohidrat, yang dapat memberikan energi cepat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama serta kalium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit.


Jus buah dan sayuran adalah doping alami yang biasanya digunakan oleh para atlet sebelum bertanding.-(Istimewa)-

BACA JUGA: 7 Alasan Anak-anak Indonesia Perlu Belajar Berenang  

Apel mengandung serat larut dan vitamin C yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan semangka mengandung kadar air yang tinggi dan antioksidan alami, yang membantu menjaga hidrasi dan mempercepat pemulihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: