Napi Berlebaran Bersama Keluarga, SOP Lapas Kelas IIA Samarinda Diperketat

Napi Berlebaran Bersama Keluarga, SOP Lapas Kelas IIA Samarinda Diperketat

Narapidana di Lapas Kelas IIA Samarinda saat mendapat kunjungan keluarga di momen Idulfitri 1445H.-(Disway Kaltim/ Iswanto)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Ratusan narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Samarinda mendapat kunjungan dari keluarga mereka selama perayaan Idulfitri 1445 Hijiriah.

Kunjungan keluarga dibuka selama empat hari berturut-turut, yakni tanggal 10-14 April 2024.

Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda, Hudi Ismono menyebutkan bahwa saat ini total napi di lapas tersebut sebanyak 765 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 638 orang mendapat remisi khusus Hari Raya Idulfitri tahun 2024 ini.

"Kegiatan kunjungan Hari Raya Idulfitri sama seperti tahun sebelumnya. Kita memberi kesempatan bagi keluarga WBP untuk berkunjung ke sini. Ini dilaksanakan selama empat hari," kata Hudi Ismono kepada media ini, Kamis (11/4/2024).

Untuk mencegah terjadinya penyelundupan barang terlarang seperti narkoba dan barang berbahaya lainnya, pihak Lapas Kelas IIA Samarinda telah menyiapkan puluhan petugas keamanan.

Setiap barang bawaan keluarga WBP diperiksa terlebih dahulu di depan pintu masuk lapas. Petugas membuka semua bungkusan makanan seperti ketupat lebaran, nasi dan barang bawaan lainnya.

Kemudian, setiap pengunjung juga wajib mengisi formulir pendaftaran, memakai gelang yang diberikan oleh petugas lapas serta distempel di bagian tangan.

"Karena ini momen lebaran, pasti volume kunjungan meningkat. Kami akan menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ketat dan tentunya agak berbeda dari kunjungan seperti biasa," ujar Hudi.

"Kita sudah siapkan 26 orang petugas keamanan setiap piket selama empat hari ke depan. Jadi mereka yang bertanggung menjawab dan memastikan kunjungan Idulfitri ini berjalan aman," lanjutnya.

Salah satu WBP yang tidak mau disebutkan namanya mengaku bersyukur dan bahagia karena bisa merayakan Idulfitri bersama keluarganya. Meskipun momen Idulfitri tahun ini harus dilewatinya di dalam penjara.

"Pastinya senanglah, apalagi sudah lama nggak ketemu keluarga otomatis pasti ada rasa gembira," ucap napi yang mengaku asal Kota Balikpapan itu.

Sementara, salah satu pengunjung bernama Rinaldy Riski menyampaikan terimakasih kepada pihak Lapas Kelas IIA Samarinda karena telah membuat jadwal kunjungan di momen Idulfitri ini.

"Pelayanan dari petugas lapas bagus banget. Terimakasih kepada seluruh jajaran lapas, Sehingga kami bisa mengunjungi orang yang kami cintai di dalam Lapas ini," ucap pria yang mengaku bapaknya ditahan di lapas tersebut.

Ia berharap, kunjungan keluarga dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. Sehingga seluruh narapidana bisa berbagi kebahagiaan bersama keluarganya yang datang berkunjung.

"Alhamdulillah kami mendapat pelayanan yang bagus, berharap ini terus dipertahankan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: