Antisipasi Lonjakan Arus Mudik 2024, Terminal Bus Samarinda Seberang Sediakan 50 Bus

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik 2024, Terminal Bus Samarinda Seberang Sediakan 50 Bus

Bus yang disediakan di Terminal Bus Samarinda Seberang.-Iswanto/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Terminal Tipe A Samarinda Seberang telah menyiapkan sebanyak 50 unit bus untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran 2024. Hal itu disampaikan Komandan Regu Terminal Samarinda Seberang, Andrew Novanda. 

Ia memprediksi lonjakan arus mudik tahun ini mengalami peningkatan, ketimbang tahun sebelumnya. Dimana saat itu masih dihadapkan dengan persoalan pandemi Covid-19.

"Kurang lebih ada 50 unit bus. Untuk tahun ini kami menambahkan sekitar sepuluh armada baru untuk setiap operator (PO), sebagai upaya menghadapi lonjakan penumpang," kata Andrew Novanda.

Andrew mengatakan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tujuh hari menjelang Lebaran Idulfitri, menyesuaikan dengan libur sekolah dan kantor.

BACA JUGA:Jelang Arus Mudik, Tarif Bus Damri Alami Kenaikan

"Terminal telah memulai persiapan sejak H-10, termasuk sosialisasi sistem baru kepada penumpang," katanya.

Ia menyampaikan bahwa arus penumpang yang berangkat dari Samarinda ke Banjarmasin lebih banyak daripada jumlah dari Banjarmasin ke Samarinda.

"Bus di terminal ini berasal dari empat perusahaan otobus (PO), yakni PO Samarinda Lestari, PO Pulau Indah Jaya, PO Bintang Mas, serta Damri," sebut Andrew.

Kata Andrew, bus tersebut sudah dilengkapi fasilitas terdiri dari 44 kursi, Air Conditioner (AC) dan juga didukung toilet di dalamnya. Kemudian, tahun ini pihak Terminal juga menerapkan sistem baru untuk mengatur lalu lintas penumpang agar tidak mengganggu jalur bus di lantai dasar terminal.

"Tahun ini agak berbeda, di mana penumpang akan naik dan turun di ruang tunggu yang terletak di lantai dua, berbeda dari tahun sebelumnya yang bercampur dengan mobilitas bus di lantai dasar," jelasnya.

Menurutnya, Langkah ini diambil untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas terminal dan mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang.

BACA JUGA:Ingin Mudik Pakai Sepeda Motor? Wajib Ikuti Tips Berikut Kalau Mau Panjang Umur

"Kami menyadari bahwa mungkin akan ada sedikit kebingungan di awal penerapan sistem baru ini. Namun, kami telah menyiapkan petugas di beberapa titik strategis untuk membantu dan mengarahkan penumpang," imbuhnya.

Lebih lanjut, Pihak terminal juga telah memperbarui sistem pengeras suara untuk memanggil penumpang sebagaimana yang sudah diterapkan beberapa tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: