Tingkatkan Kinerja SAR, Basarnas Balikpapan Tambah Peralatan Utama Penyelamatan

Tingkatkan Kinerja SAR, Basarnas Balikpapan Tambah Peralatan Utama Penyelamatan

Suasana di kantor Basarnas Balikpapan saat memperingati HUT ke 52, Kamis (29/2/2024) -Disway Kaltim/ Chandra-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Balikpapan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke-52 pada hari Kamis (29/2/2024).

Upacara yang berlangsung di halaman Kantor SAR Balikpapan ini diikuti oleh sekitar 150 personel, terdiri dari unsur SAR se-Kota Balikpapan, seluruh pegawai kantor Badan Penolong Balikpapan, dan Dharma Wanita Persatuan Balikpapan.

Kasubbag Umum Basarnas Kantor SAR Balikpapan, Djoni Sugiarto, mengatakan bahwa tema HUT Basarnas tahun ini adalah "Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa". Tema ini mengandung makna bahwa Basarnas selalu mengedepankan respon cepat dalam setiap operasi SAR.

"Motto Basarnas sebelumnya adalah 'Quick Respon', dan sekarang ditambah dengan 'Satu Jiwa Satu Rasa'. Maksudnya, seluruh insan SAR harus bertindak cepat, tepat, dan terukur, serta memiliki rasa yang sama dengan masyarakat korban bencana," ujar Djoni

Pada kesempatan ini, Djoni juga menyampaikan bahwa Basarnas Kantor SAR Balikpapan mendapatkan penambahan alat utama (alut) berupa kendaraan dinas operasional dan alut untuk keperluan di lapangan, namun masih dalam proses pengiriman

"Alut tersebut saat ini masih dalam proses pengiriman dari kantor pusat," jelasnya.

Djoni berpesan kepada seluruh personel Basarnas Kantor SAR Balikpapan agar selalu mengutamakan keselamatan dalam setiap pelaksanaan tugas SAR.

"Saya berharap kepada seluruh personel agar selalu mengutamakan safety first dalam melaksanakan tugas-tugas SAR, baik dalam hal memonitoring, menolong, maupun menyelamatkan korban. Selain itu, alat pelindung diri (APD) juga merupakan hal yang penting untuk digunakan dalam tugas di lapangan," tegasnya.

Selain itu Djoni mengaku bersyukur karena di hari peringatan Upacara HUT Basarnas ke-52 di Balikpapan ini berlangsung dengan lancar dan khidmat diiringi dengan cuaca yang cukup cerah.

“Diharapkan dengan tema "Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa", Basarnas dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat,” pungkas Djoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: