Pesona Kampung Warna-Warni Desa Janu, Bakal ada Susur Sungai

Pesona Kampung Warna-Warni Desa Janu, Bakal ada Susur Sungai

Kampung Warna-Warni Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Salah satu yang laik dikunjungi kala di Paser yakni Kampung Warna-Warni Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot. Lokasinya hanya 9 kilometer dari pusat kota Paser.

Wisata buatan ini menjadi objek Wisata populer yang menarik untuk dikunjungi. Kampung yang tertata rapi berbaris dikawasan bakau dengan keindahan ragam warnanya menjadi daya tarik tersendiri.

"Kampung Warna-Warni dikenal karena warnanya, dulu banyak yang penasaran, sehingga banyak pengunjung yang datang," kat Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Janju, Syahdan.

Tak hanya mengandalkan corak warnanya yang menjadi daya tarik, di sekitar Kampung Warna-Warni juga menawarkan daya tarik lain untuk wisatawan. Pengunjung bisa menjumpai hutan mangrove dengan keanekaragaman satwa yang ada di lokasi itu.

"Kampung warna-warni ini, sebenarnya banyak sekali wisata yang bisa mengundang wisatawan datang, seperti mangrove dan satwa, semua itu bisa menjadi daya tarik," ujarnya.

Syahdan mengaku, kedepannya pihak pengelola akan menghadirkan wisata susur sungai. Namun sebelum itu di aplikasikan, perlu dilakukan rapat bersama antar pengurus wisata, guna membahas cara pengelolaannya.

"Kita Pokdarwis mau rapatkan dulu bagaimana pengelolaannya dengan dua perahu baru itu, sebenarnya susur sungai itu sudah pernah kita lakukan dengan memakai perahu para nelayan disini," jelasnya.

Dikatakan, susur sungai menggunakan perahu nelayan sebelumnya, wisatawan bisa menyaksikan hutan mangrove dan satwa sepanjang perjalanan dengan tarif Rp 25 ribu setiap wisatawan.

"Para wisatawan saat melakukan susur sungai bisa melihat Bekantan dan jenis monyet lainnya, susur sungai itu biasanya memakan waktu selama 1 jam," paparnya.Sementara, mengenai tiket atau karcis masuk ke wisata Kampung Warna-Warni hanya dihitung perkendaraan.

Untuk kendaraan roda empat Rp10 ribu dan roda dua Rp5 ribu dengan artian berapa pun penumpangnya tetap Rp 10 ribu untuk roda empat dan Rp 5 ribu untuk roda dua.

"Kalau tiket masuk sebenarnya disini mengelola parkir saja, dulu tarifnya untuk roda dua Rp3 ribu dan roda empat Rp5 ribu. Tapi sekarang tarif barunya roda dua Rp5 ribu dan roda empat Rp10 ribu," tambah Syahdan.

Kampung wisata Warni-Warni biasanya rame pengunjung di hari weekend, dan hari libur lainnya. Hanya saja, jika hari biasa kebanyakan pengunjung di sore hari.

Ke depannya, pihak pengelola juga berencana akan membangun home stay, sehingga para pengunjung atau wisatawan bisa menginap di lokasi Kampung Warna-Warni untuk menikmati suasana di malam harinya.

"Berdasarkan kuesioner yang kita sebar kepada pengunjung untuk memberikan saran maupun kritik, ternyata kebanyakan dari mereka menyarankan agar ada homestay," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: