Operasi Senyap, MU Berhasil Bajak Direktur Operasi Sepakbola Man City

Operasi Senyap, MU Berhasil Bajak Direktur Operasi Sepakbola Man City

Manchester United Bajak Direktur Operasi Sepak Bola Manchester City, Omar Berrada. -instagram/@omarberrada-

NOMORSATUKALTIM - Menunjuk Omar Berrada sebagai CEO Manchester United dinilai langkah yang sangat brilian. Sejumlah media Inggris, bahkan sekelas The Athletic tidak bisa mengakses rumor kedatangan Eks Kepala Operasi City Football Group (CFG).

Berrada akan resmi menduduki posisi CEO Manchester United saat bursa transfer musim panas 2024.
Namun yang jelas, kepimpinan Omar Berrada akan di bawah naungan pemilik INEOS Sir Jim Ratcliffe.
Tampaknya INEOS akan mengikuti langkah yang sama dengan Manchester City untuk mengakuisisi sejumlah klub binaan.

Selain Setan Merah, INEOS menaungi operasional klub League 1 Prancis, OGC Nice.
Sir Jim Ratcliffe menjadi pemegang 25 persen saham Manchester United. Ia akan fokus memegang kendali klub di sektor olahraga.

Namun penarikan Omar Berrada dinilai sebuah keuntungan bagi INEOS dan tentu saja Keluarga Glazer. Omar Berrada jadi sosok yang berpengaruh di CFG, memegang kendali filosofi sepak bola dan industrinya.

Hal ini yang membuat sosok yang pernah bekerja untuk Barcelona itu membantu membesarkan The Citizen di dunia. Musim lalu, bisa dibilang ia turut membawa rival sekota Manchester United itu menyamai rekor treble winner.

Sejarah mencatat, hanya ada dua klub Manchester di Inggris yang bisa melakukan pencapaian tersebut. Tentu saja, Manchester United jadi yang pertama melakukannya pada musim 1998/1999 di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson.

Omar Berrada akan bekerja sama dengan Sir Dave Brailsford dan Jean-Claude Blanc selaku anggota dewan INEOS Sport.

Laporan Daily Mail menyebut jika pendekatan yang dilakukan Brailsford terjadi pada bulan Desember lalu. Seorang sumber di Carrington menyebut bahwa penunjukkan Omar Berrada atas inisiasi Keluarga Glazer.

Namun secara intens, pendekatan dilakukan oleh INEOS sepenuhnya dengan kedua pihak itu saling memberi konsultasi.

Manchester Evening News menyabut jika INEOS menjadi pihak yang serius untuk melakukan perombakan di posisi ini. Sehingga eksekusi atau operasi senyap dilakukan Brailsford hingga terjadi kesepakatan tanpa ada satu media yang tahu rumor ini.

Sebagaimana diketahui, Manchester United mengumumkan Omar Berrada sebagai CEO barunya pada Sabtu malam tak lama setelah dia mengumumkan pengunduran dirinya dari perannya sebagai Direktur Operasi Sepak Bola di Manchester City.

Ini merupakan keputusan penunjukan penting pertama era miliarder Sir Jim Ratcliffe di Old Trafford.
Setan Merah sedang mencari pengganti Richard Arnold, yang meninggalkan perannya sebagai CEO pada bulan November, dan Berrada tampaknya cocok dengan kesuksesannya baik di dalam maupun di luar lapangan bersama City Football Group.  

Pria dengan pengalaman 18 tahun di olahraga papan atas ini telah menjadi Direktur Eksekutif Sepak Bola Manchester City sejak September 2020, setelah memegang banyak posisi penting di City Football Group selama hampir 10 tahun.

Ia bertanggung jawab membawahi 11 klub milik grup tersebut di 5 benua, sebelumnya, ia juga memegang peran senior di Barcelona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: