Polresta Samarinda Ungkap Data Laka Lantas 2023, Kelalaian Jadi Faktor Utama Penyebab Terjadinya Kecelakaan

Polresta Samarinda Ungkap Data Laka Lantas 2023, Kelalaian Jadi Faktor Utama Penyebab Terjadinya Kecelakaan

Satlantas Polresta Samarinda saat menangani kecelakaan lalu lintas di Jalan Ring Road 1 Samarinda tahun 2023 lalu-(ist)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Polresta Samarinda mencatat sepanjang tahun 2023 terjadi sebanyak 150 kasus kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas). Kecelakaan tersebut mengakibatkan sebanyak 75 orang meninggal dunia, 41 orang luka berat, 82 orang luka ringan, dan 131 orang selamat tanpa luka.

Kapolresta Samarinda, Kombes pol Ary Fadli mengatakan bahwa, kasus kecelakaan tersebut juga menyebabkan timbulnya kerugian material.

"Total kerugian materiil akibat kecelakaan tersebut mencapai Rp 926.500.000," ungkap Kombes Pol Ary Fadli.

Dari kejadian tersebut, Jajaran Polresta Samarinda terus menggencarkan kegiatan Patroli secara humanis kepada masyarakat.

Kegiatan patroli tersebut, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar bisa berkendara secara tertib serta mematuhi peraturan lalu lintas di jalan.

"Tentu yang kita harapkan melalui patroli yang kami lakukan selama ini, masyarakat dapat lebih memahami faktor keselamatan saat berkendara. Ini juga sebagai langkah preventif (pencegahan) sehingga bisa  mengurangi angka kecelakaan di Samarinda," jelas Ary Fadli.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Samarinda, Kompol Creato Sonitehe Gulo menyebutkan bahwa, sebagian besar angka kecelakaan itu melibatkan warga usia produktif antara 15 sampai 30 tahun.

Menurunnya, angka kecelakaan tahun 2023 mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mencapai 80 kasus saja.

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, penyebabnya kecelakaan itu dikarenakan kelalaian pengendara serta tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

"Seperti berbelok tidak sesuai aturan, mengemudi dengan kecepatan tinggi, dan pelanggaran lainnya," ujar Gulo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (15/1/2023).

Mantan Kapolsek Samarinda Kota itu berpendapat bahwa, dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas diperlukan kerjasama dari semua pihak, termasuk masyarakat. Sehingga angka kecelakaan lalu lintas di Samarinda bisa mengalami penurunan.

"Pihak kepolisian tentunya juga akan terus melakukan berbagai upaya, seperti melakukan sosialisasi dan kegiatan patroli, hingga penindakan lapangan melalui ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang telah terpasang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: