Kesbangpol Kaltim Harap Pemilu 2024 Satu Putaran Saja

Kesbangpol Kaltim Harap Pemilu 2024 Satu Putaran Saja

Kepala Kesbangpol Kaltim Sufian Agus. -ist-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, Sufian Agus berharap Pemilu dapat berlangsung satu putaran saja.

Menurutnya, jika pelaksanaannya sampai dua putaran maka dipastikan akan menambah atau memperpanjang waktu penyelenggaraan. Sementara Pilkada akan berlangsung pula di tahun yang sama. Seperti pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

"Kita harapkan Pemilu tahun ini bisa dilaksanakan satu putaran saja. Karena kalau sampai dua putaran otomatis menambah waktu lagi dan berbenturan dengan kegiatan Pilkada," kata Sufian Agus, Jumat (12/1/2024).

Sufian mengaku, saat ini Kesbangpol Kaltim telah melakukan banyak persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Selain persiapan menjelang Pemilu, Kesbangpol Kaltim juga melakukan persiapan menjelang Pilkada. Sehingga semuanya dipastikan dapat berjalan lancar.

"Yang jelas kami sudah siap untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres tahun ini. Termasuk juga persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada di Kaltim," ujarnya.

Terkait rangkaian Pilkada 2024, kata Agus Sufian, mulai bulan Januari ini. Seperti penyerahan data pemilih dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ke KPU Kaltim.

"Selanjutnya nanti bulan Februari mendatang akan ada penjaringan calon kepala daerah perseorangan dan kegiatan lainya menjelang Pilkada," imbuhnya.

Meski demikian, lanjut Agus, beberapa rangkaian pelaksanaan Pilkada 2024 tetap mempertimbangkan pelaksanaan Pemilu. Sebab, jika ternyata kegiatan Pemilu berlangsung dua putaran maka akan saling berbenturan antara Pemilu dan Pilkada. Karena itu, ia berharap agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Yang pasti kita berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 ini berjalan lancar dan aman. Kalau bisa satu putaran saja, sehingga pelaksanaan Pilkada juga nanti bisa berjalan lancar," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: