Blokade Jalan oleh Warga di Paser Ditabrak Truk Batu Bara, Kok Bisa?

Blokade Jalan oleh Warga di Paser Ditabrak Truk Batu Bara, Kok Bisa?

Sejumlah truk menerobos blokade yang dilakukan warga Desa Batu Kajang. -tangkapan layar.-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Blokade jalan yang dilakukan masyarakat Desa Batu Kajang, Kecamatan Batu Sopang berujung ricuh, Rabu (27/12/2023) sore tadi.

Untuk diketahui, tiga hari terkahir ini masyarakat sekitar standby mengawasi setiap truk batu bara hendak melintas di jalan umum.

Berdasarkan video diterima awak media ini, truk memaksa menorobos blokade yang dibuat warga ataupun relawan. Keinginan warga untuk tak menerobos tak diindahkan sopir. Alih-alih memutar balik justru kursi plastik yang disusun di ruas jalan umum dihantam truk, hingga hancur.

"Semua hancur kursinya ditabrak," ucap salah seorang warga dalam video sambil menangis tersedu-sedu.

Masih dalam video lainnya, warga hanya bisa pasrah blokade yang dilakukan diterobos paksa oleh sejumlah truk yang diduga  mengangkut batu bara. Relawan diminta tak melawan, menepi dan mendokumentasikan aksi terobos paksa tersebut.

“Ya Allah ya Rabb, tolong kami ya Allah," pinta seorang wanita dalam video lainnya.

Tindakan menerobos blokade tersebut juga membuat jalur dua Desa Batu Kajang macet total. Bahkan badan jalan yang sedianya digunakan untuk dua arah dipenuhi truk-truk angkutan batu bara.

Kapolsek Batu Sopang IPTU Harwanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia menyebut penerobos itu sekira pukul 17.00 Wita.

Ia menjelaskan pihaknya tengah melakukan mediasi antara massa aksi beserta sopir. Namun hingga berita ini dimuat belum ada kesepakatan.

“Ini lagi ngumpul, kita carikan win-win solution. Masih 'panas' ini, mediasi belum nemu (kesepakatan). Ya ada sekitar lima atau enam truk, untuk korban enggak ada," jelas Harwanto dikonfirmasi via seluler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: