Positif COVID-19 di Kalimantan Timur Tambah Satu Kasus

Positif COVID-19 di Kalimantan Timur Tambah Satu Kasus

ILUSTRASI - Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi COVID-19.-(Antara)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Sehari setelah perayaan Natal 2023, kasus Positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bertambah satu kasus.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kaltim, dr Jaya Mualimin, tambahan kasus positif tersebut terjadi di Kabupaten Kutai Barat, pada Selasa (26/12/2023). 

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh juga bertambah satu orang di Balikpapan. Sementara, tidak ditemukan kasus meninggal dunia.

"Data sementara jumlah pasien positif COVID-19 di Kaltim 29 orang, 17 orang telah dinyatakan sembuh, sehingga pasien yang menjalani perawatan tersisa 12 orang," kata Kadinkes Kaltim, dikutip dari Antara, Rabu (27/12/2023).

Jaya mengatakan, penyebaran virus corona yang mulai merebak lagi di tanah air. Namun penyebaran COVID-19 di Kaltim cukup terkendali.

Kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksin COVID-19 hingga dosis ketiga atau booster, sangat efektif mencegah penyebaran virus ini.

Meski demikian, Jaya tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melonggarkan penerapan protokol kesehatan. Mengingat saat ini telah memasuki liburan menjelang akhir tahun yang bisa berpotensi menimbulkan ledakan kasus COVID-19.

"Kami berharap masyarakat punya kesadaran sendiri, minimal penggunaan masker saat di tempat keramaian. Selain itu pola hidup sehat juga bisa mencegah penularan virus," terangnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, dari 12 pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan, sembilan di antaranya melakukan isolasi mandiri. Sedangkan tiga orang lainnya dirawat di rumah sakit.

Adapun sebaran pasien positif COVID-19 yang dirawat saat ini, ada 4 orang di Balikpapan empat orang, 4 orang di Penajam Paser Utara, 3 orang di Samarinda dan satu lainnya di Kutai Barat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: