Pemprov Kaltim Jamin Asuransi Para Penyelenggara Pemilu 2024

Pemprov Kaltim Jamin Asuransi Para Penyelenggara Pemilu 2024

Kepala Kesbangpol Kaltim Sufian Agus saat memamparkan kondisi pemilih pemilu. -Ari/Disway-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kabar baik bagi para penyelenggara pemilu 2024. Pasalnya, pemprov Kaltim asuransi bagi para penyelenggara hingga Mei 2024. Hal demikian disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Sufian Agus.

“Kami bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan asuransi kepada seluruh penyelenggara pemilu di tahun depan,” ucapnya belum lama ini.

Ia menjelaskan bahwa asuransi ini akan digunakan apabila ada anggota penyelenggara pemilu yang mengalami kecelakaan saat bekerja. Sufian juga menjelaskan berkaca dari kejadian pemilu sebelumnya ada beberapa anggota yang jatuh sakit, bahkan sampai memakan korban jiwa.

“Berkaca dari pemilu sebelumnya ada anggota penyelenggara pemilu yang sampai dilarikan ke rumah sakit karna drop (kelelahan,red) bahkan ada yang meninggal dalam bertugas,” terangnya.

Sufian pun membeber kategori penyelenggara pemilu yang mendapat asuransi tersebut. Di antaranya: Ketua dan anggota KPU Kaltim, Ketua dan anggota KPU kabupaten/kota, Ketua dan Anggota PPK kabupaten/kota, Ketua dan Anggota PPS kabupaten/kota, Ketua dan anggota Bawaslu Kaltim, Ketua dan anggota Bawaslu kabupaten/kota, Ketua dan anggota Panwascam, serta pengawas kelurahan/desa.

Terpisah, Zaini selaku Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Palaran mengapresiasi upaya pemprov Kaltim yang bekerja sama dengan BPJS memberikan jaminan asuransi.

“Saya selaku orang yang terlibat di dalam pesta politik tahun 2024 nanti mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas jaminan asuransi yang diberikan kepada kami selaku penyelenggara pemilu,” ucapnya dengan penuh syukur.

Zaini juga menjelaskan jaminan asuransi ini sangat dibutuhkan bagi penyelenggara pemilu di tahun 2024

“Kami sangat membutuhkan jaminan asuransi ini karena kedepannya jadwal kami ini sangat padat. Kami berikhtiar semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan dan mensukseskan pemilu di tahun depan dan dengan adanya jaminan asuransi ini membuat kami semakin totalitas dalam mengabdi,” urainya.

Ketua Panwascam Palaran ini menlajutkan karena jadwal mereka yang padat ada potensi mengalami kelelahan.

“Dikarenakan jadwal kami yang padat kadang kita bisa sampai drop (kelelahan,red), terlebih lagi ketika makin dekat dengan pemilu. Dengan Adanya BPJS yang diberikan ke kami selaku penyelenggara dapat mengcover (menaggulangi,red) soal kesehatan kami dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

Zaini berpesan kepada seluruh komponen penyelenggara pemilu di tahun 2024 untuk bekerja secara totalitas dalam menyuksekan pemilu. (Arf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: