Kawanan Pencuri Sapi di Paser Ditangkap Polisi

Kawanan Pencuri Sapi di Paser Ditangkap Polisi

Salah satu barang bukti sapi dalam kasus pencurian hewan ternak di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.-(Dok. Polres Paser)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Satreskrim Polres Paser berhasil menangkap kawanan pencuri sapi yang meresahkan masyarakat Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Tiga orang diamankan dalam kasus ini, karena memiliki bukti kuat mencuri dua ekor sapi betina milik warga RT 002, Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

Tiga tersangka masing-masing berinisial SM dan DN selaku eksekutor lapangan dan AW alias MS yang diduga sebagai penadah sapi curian.

Kapolres Paser, AKBP Kade Budiyarta melalui Kasat Reskrim, Iptu Helmi  Saputro, mengatakan bahwa kasus ini terjadi pada hari Selasa, 12 Desember 2023, sekitar pukul 12.00 Wita.

Menurut Helmi, kronologi kejadian bermula saat pemilik sapi hendak memindahkan sapi miliknya yang diikat di kebun sawit.

Namun, saat tiba di lokasi, korban tidak mendapati kedua sapinya. Korban sempat berkeliling untuk mencari hewan ternaknya tersebut, namun hasilnya tetep nihil, sapi tersebut hilang. 

"Setelah 3 (tiga) hari, istri Pelapor mendengar bahwa Saudara AW alias MS ada membeli 2 (dua) Ekor Sapi betina," terang Helmi. 

"Kemudian pelapor dan saksi ke-1 mendatangi saudara AW alias MS untuk melihat 2 ekor sapi betina yang telah dibeli (AW). Dan ternyata ciri-cirinya tersebut sangat mirip dengan sapi pelapor," lanjut Helmi menjelaskan. 

Dengan adanya peristiwa tersebut, korban merasa dirugikan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Paser untuk diproses secara hukum.


Para tersangka tindak pidana pencurian sapi yang diamankan di Polres Paser, Kalimantan Timur.-(Dok. Polres Paser)-

Berdasarkan informasi awal dari korban, Unit Jatanras Polres Paser memeriksa AW untuk dimintai kerterangan.

Kepada polisi, AW mengaku membeli dua ekor sapi tersebut dari SM dengan harga Rp 15.400.000.

Tiga hari setelah kejadian, atau pada Jumat, 15 Desember 2023, polisi berhasil melacak keberadaan SM di Desa Saing Prupuk Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

Tepat pada pukul 15.30 Wita, Tim Gabungan berhasil mengamankan SM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: