Lowongan Kerja CPNS 2024, Formasi Sektor Wisata Siap Dibuka

Lowongan Kerja CPNS 2024, Formasi Sektor Wisata Siap Dibuka

Ilustrasi Polisi Pariwisata-(Antara)-

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah akan menambahkan formasi sektor pariwisata dalam proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Lowongan PNS sektor pariwisata dibuka lantaran pemerintah kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bagian ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan bakal ada tambahan dalam formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di bidang pariwisata pada 2024 mendatang.

Langkah tersebut dilakukan demi mendukung perkembangan Destinasi Pariwisata karena masuk ke dalam prioritas yang harus dikembangkan.

Terlebih, kata Azwar Anas, pengembangan daerah-daerah wisata di Indonesia masih belum dilakukan secara maksimal.

Khususnya pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas karena masih kurangnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola.

"Pariwisata ini menjadi bagian atau strategi bapak Presiden untuk mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi, ini menjadi prioritas," kata Azwar Anas kepada Disway.id, pada Minggu (17/12/2023).

"Tetapi SDM belum mendapatkan support yang cukup," lanjutnya.

Pemerintah berencana untuk membangun "10 Bali Baru" dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan tujuan meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata di Indonesia.

Tercatat ada 10 destinasi prioritas yang termasuk dalam proyek "10 Bali Baru" ini. 

Di antaranya adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Gunung Bromo Tengger dan Semeru di Jawa Timur.

Bukan hanya itu saja, tapi ada juga Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, serta Tanjung Kelayang di Bangka Belitung.

"Dalam hal ini, kami telah berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MENPAREKRAF) untuk memastikan bahwa daerah-daerah yang menjadi prioritas, mendapatkan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki latar belakang dalam bidang pariwisata. Hal ini penting karena faktanya beberapa daerah membutuhkan SDM yang khusus di bidang ini," jelas Azwar.

Proyek "10 Bali Baru" ini mendapat perhatian besar dari pemerintah karena potensi pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id