Pemkab Kukar Bakal Bangun Puskesmas Ramah Anak

Pemkab Kukar Bakal Bangun Puskesmas Ramah Anak

--


--

Kukar, nomorsatukaltim - Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) terus berupaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak. Salah satunya menyediakan fasilitas persalinan kesehatan dan mendorong Puskesmas menjadi Puskesmas ramah anak.

“Di Puskesmas ramah anak, anak mendapatkan pelayanan kesehatan yang lengkap dan menyenangkan, seperti pelayanan gigi, makanan tambahan, dan lain-lainnya. Anak tidak takut lagi pergi ke Puskesmas, tapi malah senang,” kata Saipul Anwar, Jabatan Fungsional Kemasyarakatan DP3A Kukar, Jumat (8/12/2023).

Menurut Saipul, saat ini ada 10 Puskesmas ramah anak dan 20 Puskesmas lainnya yang sedang dalam proses menjadi Puskesmas ramah anak di Kukar. Total ada 36 Puskesmas ditambah dengan Puskesmas pembantu yang tersebar di 20 kecamatan.

“Salah satu contoh Puskesmas ramah anak adalah Rumah Sakit Parikesit. Di sana anak-anak bisa bermain dan belajar sambil mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa pemerintah daerah juga memperhatikan lingkungan kesehatan, akses air minum, dan sanitasi yang layak bagi anak.

“Ini semua bertujuan untuk menciptakan kondisi yang mendukung tumbuh kembang anak yang sehat dan sejahtera di Kukar,” tutupnya. (*/Adv/dp3akukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: