SMAN 2 Kukar Jadi Sekolah Sahabat Anak Pertama di Kaltim

SMAN 2 Kukar Jadi Sekolah Sahabat Anak Pertama di Kaltim

--


Banner DP3A--

Kukar, nomorsatukaltim - SMAN 2 Kukar di Tenggarong diproyeksikan menjadi Sekolah Sahabat Anak (SSA) pertama di Kaltim. Sekolah ini mengikuti standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI.

Hal ini diungkapkan oleh Saipul Anwar, jabatan fungsional kemasyarakatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar, yang mengatakan bahwa pihaknya mendukung upaya SMAN 2 Kukar untuk menjadi SSA.

“Kami berharap sekolah ini dapat menjadi contoh bagi sekolah lain di Kaltim untuk menerapkan konsep SSA, yang merupakan salah satu program prioritas KPPPA RI,” kata Saipul, Jumat (8/12/2023).

Menurut Saipul, SSA adalah sekolah yang memberikan perlindungan, pemberdayaan, dan partisipasi bagi anak-anak. Sekolah ini juga harus memiliki lingkungan belajar yang kondusif, inklusif, dan berkeadilan gender.

“Dengan menjadi SSA, sekolah dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan karakter anak-anak dan generasi muda,” ujar Saipul.

Salah satu syarat untuk menjadi SSA adalah memiliki perpustakaan yang sahabat anak, mudah diakses, dan layak anak. Untuk itu, KPPPA RI menggelar standarisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) secara daring beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diikuti oleh asesor PISA dan perwakilan dari SMAN 2 Kukar. (*/Adv/dp3akukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: