Bank Sampah Perlu Diaktifkan Lagi

Bank Sampah Perlu Diaktifkan Lagi

DPRD Balikpapan minta pemerintah aktifkan bank sampah--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Muhammad Najib mengimbau masyarakat untuk mengaktifkan kembali bank sampah di setiap Kelurahan. Dengan aktifnya bank sampah dapat mengurangi sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Manggar.

 

"Bank sampah hari ini mati suri, sehingga bank sampah bisa dihidupkan kembali," jelasnya kepada awak media, Rabu 8 November 2023.

 

Mengingat, saat ini banyak sampah berbahan plastik dari penjual makanan maupun minuman yang menggunakan bahan baku plastik, seperti halnya makanan cepat saji maupun cafe atau restoran yang menjual minuman dengan menggunakan gelas plastik.

 

"Masyarakat harus dapat memilah sampah rumah tangga, sehingga dapat mengurangi sampah," ungkapnya.

Meskipun sebenarnya, sampah plastik menjadi peluang bisnis bagi yang bisa memanfaatkan itu. "Kalau ada masyarakat pecinta lingkungan pasti memanfaatkan itu sebagai peluang bisnis," ujarnya.

 

Walaupun toko mini market tidak memperboleh menggunakan plastik saat berbelanja, tetapi di tempat lain malah menghasilkan sampah plastik.

 

Politisi PDIP berharap masyarakat dapat memilah sampah, sehingga TPAS Manggar tidak penuh. Mengingat, Balikpapan sebagai gerbang utama maupun kota penyangga tentunya para pendatang akan semakin banyak dan akan berdampak pada persoalan sampah.

 

Untuk itu, sejak saat ini masyarakat dapat terus diedukasi untuk memilah sampah, sehingga sampah rumah tangga tidak semakin meningkat. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: