Maratua Jazz and Dive Fiesta Kembali Digelar untuk Tarik Minat Wisatawan

Maratua Jazz and Dive Fiesta Kembali Digelar untuk Tarik Minat Wisatawan

Maratua Jazz kembali digelar untuk tarik wisatawan-Disway Kaltim-

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Acara musik jazz tahunan di Kabupaten Berau yakni Maratua Jazz and Dive Fiesta telah digelar untuk keenam kalinya. Agenda tersebut diselenggarakan untuk menarik minat wisatawan luar daerah agar datang berkunjung ke Pulau Maratua, sehingga meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menjelaskan, Maratua Jazz and Dive Fiesta ini adalah penyelenggaraan kali kedua dalam kepemimpinannya, sehingga dirinya selalu mengiringi proses perkembangan Maratua Jazz supaya memberikan hiburan sekaligus menarik wisatawan agar berkunjung ke Bumi Batiwakkal.

Berau merupakan kabupaten unggulan di Kalimantan Timur, yang memiliki potensi keindahan sumber daya alam yang sangat memukau, hal tersebut tentu menjadi tantangan untuk bisa memanfaatkan sekaligus merawat, menjaga dan melestarikan. Hal tersebut tidak terlepas dari salah satu program prioritas yang dirinya jalankan yakni pembangunan sarana prasarana destinasi wisata, dan pembangunan kawasan terpadu pusat seni, budaya, serta kreativitas.

“Saya ingin memberikan hiburan kepada masyarakat, dan meningkatkan UMKM warga Berau. Saat ini UMKM warga sudah semakin kreatif dan tentu saja saya yakin akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” jelas bupati perempuan pertama di Kabupaten Berau ini.

Lebih lanjut, dirinya bercita-cita untuk mendatangkan seniman jazz dari luar negeri ke Maratua, tujuannya menarik lebih banyak wisatawan datang menikmati musik sekaligus keindahan alam Maratua.

“Sebenarnya ada lagi talent dari luar negeri, hanya karena jauhnya jarak, dan waktu manggung yang terbatas, membuat talent itu urung. Tidak mengapa, kedepan semakin bisa meriah lagi,” tandasnya.

Terpisah, Camat Maratua Ariyanto menegaskan, pemerintah kecamatan akan selalu mendukung setiap acara yang digelar di wilayahnya, khususnya sebagai upaya peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Maratua. Kendati demikian, Ariyanto merasa belum cukup dengan mengadakan satu event musik saja untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata, sehingga pihak kecamatan melalui Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) terus berupaya mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya sepanjang tahun, tentu dibutuhkan dukungan dan sinergitas dari semua unsur terkait.

“Sebenarnya secara langsung Maratua Jazz and Dive Fiesta sudah berdampak kepada peningkatan wisatawan,” ucap Ariyanto.

Diakuinya, untuk agenda besar yang mendatangkan banyak orang, pihaknya masih terkendala transportasi dan akomodasi yang belum mencukupi, contohnya ketika penyelenggaraan Maratua Jazz and Dive Fiesta ini seluruh resort dan penginapan masyarakat sudah penuh disewa oleh wisatawan.

Oleh karena itu, pemerintah kampung berupaya memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk membuka home stay, setidaknya satu kamar di setiap rumah, selain bisa menambah jumlah kamar yang tersedia untuk tamu, hal tersebut juga bisa menjadi pemasukan tambahan bagi masyarakat.

“Kita sudah bekerja sama dengan seluruh kampung, dan kedepannya semoga berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: