Bupati Berau Gandeng Seluruh Pihak untuk Lestarikan Budaya

Bupati Berau Gandeng Seluruh Pihak untuk  Lestarikan Budaya

Pembukaan hari jadi ke-21 Kelurahan Sambaliung dan hari jadi ke-3 PKL Basuli, di Tepian Sambaliung-Disway Kaltim-

TANJUNG REDEB, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau Sri Juniarsih menyambut baik terselenggaranya Abutta Banua, yang menjadi wujud pelestarian adat budaya Banua, yang merupakan salah satu suku asli Kabupaten Berau.

"Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua untuk menghayati acara adat Banua ini, dan alhamdulillah tetap ada sampai anak cucu kita nanti ke depannya," kata Bupati.

Abutta Banua digelar dengan rangkaian lomba menarik lainnya. Di antaranya, lomba perahu panjang, lomba tari kreasi, lomba anccur paddas, lomba manyuman dan mengamping, yang dilaksanakan di Tepian Sambaliung selama sembilan hari.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, lanjut Bupati, mendorong setiap kegiatan kekayaan budaya. Karena merupakan aset yang harus dijaga dan terus dipelihara sebagai kekuatan fondasi kemajuan daerah.

“Kita tidak dapat meninggalkan adat budaya, melainkan harus melestarikannya hingga ke generasi yang akan datang. Karena adat budaya adalah pedoman bagaimana kita bersikap dan berkehidupan,” kata Sri Juniarsih.

Selain itu, Sri mengatakan, kawasan Tepian Sambaliung yang terintegrasi ke dalam kelompok PKL Basuli, adalah kawasan yang sangat potensial untuk kawasan wisata. Bukan hanya wisata sejarah, karena berdekatan dengan Keraton Sambaliung, tetapi juga wisata yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Berau untuk bersantai.

“Tentu, di usia yang ketiga tahun ini, kita semua mengharapkan PKL Basuli akan terus bertumbuh menjadi lebih besar, dan memberikan manfaat bagi banyak orang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dirinya mengajak kepada kelompok pengusaha pariwisata (Pokdarwis), pelaku usaha wisata, dan masyarakat untuk bersatu padu menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya Berau.

"Mari kita bersama-sama promosikan budaya adat Abutta Benua ini, agar semakin dikenal dan diminati, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, Sri berharap PKL Basuli terus tumbuh, serta memberikan dampak kebahagiaan dan peningkatan ekonomi untuk masyarakat di Tepian Sambaliung. Sehingga, perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat seiring dengan datangnya kesejahterangkan masyarakat pelaku UMKM yang ada di Tepian Sambaliung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: