Malam ini, KPU Undi Nomor Urut Capres Pemilu 2024

Malam ini, KPU Undi Nomor Urut Capres Pemilu 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari-(int)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024, pada Senin (13/11/2023) kemarin.

Ketiga pasangan calon (paslon) tersebut yakni, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik menyatakan ketiganya telah memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2024, dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Berikutnya, KPU menggelar pengundian nomor urut capres-cawapres di Kantor KPU RI, pada malam hari ini, Selasa (14/11/2023).

Sebelum pengundian, acara akan diawali dengan gala dinner KPU bersama elit politik nasional berikut tiga pasangan calon.

"Rencananya mulai 18.30 WIB, jadi mulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres-cawapres, dan pimpinan partai politik," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di KPU RI, Senin (13/11/2023).

Dalam prosesi pengundian nomor urut paslon ini, KPU mengundang 150 orang. Mereka akan dijamu di di halaman parkir kantor KPU.

Sejak ditetapkan sebagai paslon, pasangan capres-cawapres dikawal secara melekat oleh personel Polri. KPU telah meneken serah terima Satuan Tugas Pengamanan Capres-Cawapres dari Polri kepada KPU.

Komisioner KPU Mochamad Afifuddin menjelaskan, setiap capres dan cawapres dikawal 74 personel Polri yang terbagi menjadi dua tim.

Selanjutnya, KPU mengingatkan agar para capres-cawapres mendaftarkan tim kampanye mereka maksimal tiga hari sebelum masa kampanye. Menurut agenda KPU, masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Berikutnya, para paslon harus mendaftarkan tim kampanye selambat-lambatnya pada 24 November.

Beberapa waktu lalu, pasangan Prabowo-Gibran telah mengumumkan Tim Kampanye Nasional (TKN) dipimpin eks Wakil Menteri BUMN, Rosan Roeslani.

Ganjar-Mahfud juga telah mengumumkan Tim Pemenangan Nasional mereka dengan menunjuk Arsjad Rasjid sebagai ketua.

Sementara pasangan Anies-Muhaimin, hari ini Selasa (14/11/2023), mengumumkan Tim Nasional AMIN dipimpin oleh mantan Kepala Basarnas, Muhammad Syauqi .

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: