Harga Beras Naik, DPRD Minta Pemkot Segera Bertindak

Harga Beras Naik, DPRD Minta Pemkot Segera Bertindak

Slamet Iman Santoso--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Harga bahan pokok penting atau bapokting di berbagai daerah belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Begitu pula harga bapokting di Kota Balikpapan.

Harga beras premium misalnya, mencapai Rp17 ribu per kilogram. Sementara harga beras medium rata-rata Rp15 ribuan.  

Belum lagi harga cabai, gula dan minyak goreng.

Terkait kenaikan harga beras, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama Bulog secepatnya mengambil tindakan.

Pemkot Balikpapan bisa menekan kenaikan harga beras dengan menggelar operasi pasar.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Slamet Iman Santoso. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga agar harga beras di Kota Balikpapan tetap stabil, karena peran Bulog itu menjadi garda terdepan bersama pihak Dinas Perdagangan.

 

Untuk itu, perlu kiranya dalam hal ini Dinas Perdagangan bersama dengan Bulog melakukan operasi pasar. "Ini biasa dilakukan kalau ada kenaikan harga komoditi pangan," tuturnya pada Selasa, 26 September 2023.

 

Kendati demikian, Anggota DPRD Dapil Balikpapan Utara ini menyambut baik adanya rencana Dinas Perdagangan bersama Bulog yang akan membuka pasar murah, asalkan dalam pendistribusian lebih diutamakan masyarakat yang kesulitan perekonomian.

 

"Kami harapkan peran swasta ikut berpartisipasi membantu ketahanan pangan di Balikpapan. Saya rasa kalau dengan kerja sama yang baik, ini akan sangat membantu persoalan kenaikan harga beras," ungkapnya.

 

Dewan melalui Komisi II belum melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Perdagangan mengenai kenaikan harga beras. Namun hal ini menjadi perhatian baginya untuk bisa meninjau langsung harga beras di pasar tradisional Kota Balikpapan. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: