Dikebut, Tiga BTS Internet Diharap Jadi Kado HUT Kabupaten Paser

Dikebut, Tiga BTS Internet Diharap Jadi Kado HUT Kabupaten Paser

Pengerjaan tower komunikasi (BTS) diharapkan dapat menjawab keluhan masyarakat mengenai lemotnya jaringan internet di Kabupaten Paser. -(Disway/ Istimewa)-

Paser, NOMORSATUKALTIM - Pembangunan tiga unit Base Transceiver Station (BTS) atau tower pemancar jaringan internet terus dikebut. Ditargetkan rampung sebelum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Paser Desember mendatang.

Pendirian tiga unit BTS itu masing-masing di Desa Muara Toyu Kecamatan Long Kali, Desa Belimbing Kecamatan Long Ikis dan Muara Payang Kecamatan Muara Komam.

"Pengerjaan masih terus berjalan, sesuai komitmen kontraktornya yang menyanggupi selesai akhir bulan ini," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Ina Rosana, Senin (6/11/2023).

Pembangunan fisik tower pemancar sinyal internet secara keseluruhan rampung akhir November 2023. Kemudian secara resmi diresmikan menandai lancarnya jaringan seluler dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Paser.

"Menjadi kado untuk masyarakat dari tiga desa sekitar pada HUT Kabupaten Paser," tutur dia.

Dikatakannya, tidak ada masalah blank spot di kawasan Kabupaten Paser. Hanya saja, kapasitas internetnya rendah karena sebagian wilayah masih menggunakan jaringan 2G dan 3G. Pasalnya, tidak semua wilayah di Kabupaten Paser mendapat akses jaringan 4G.

BTS yang dibangun ini berkapasitas 100 Mbps. Tower triangle dibangun dengan ketinggian 40 sampai 42 meter.

Sebelumnya, pada tahun ini dicanangkan pembangunan 5 tower BTS. Namun, untuk pembangunan BTS sisanya, yakni di Desa Lomu, Kecamatan Batu Engau dan Desa Keladen, Kecamatan Tanjung Harapan akan dikerjakan tahun depan.

"Dengan rampungnya (BTS) nanti dan di-support kekuatan kapasitas internet, tak ada lagi keluhan masyarakat mengenai lemotnya internet," pungkas Ina.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: